Minggu, 05 Des 2021 06:01 WIB

Baru Ketemu! Ada Materi Virus Pilek yang Bikin Omicron Mudah Menular

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Corona virus under magnifying glass. Observation made by virologists in the laboratory with microscope.  Red heart shaped coronavirus being mutated through genome modification. 3D rendering. Varian omicron mengandung materi genetik virus lain (Foto: Getty Images/iStockphoto/Stockcrafter)
Jakarta -

Misteri kenapa virus Corona COVID-19 varian Omicron B.1.1.529 begitu mudah menginfeksi, perlahan mulai terkuak. Para ilmuwan menemukan adanya materi genetik HCoV-229E, virus penyebab pilek, di dalam sekuens Omicron.

Dikutip dari Reuters, material genetik ini tidak ditemukan dalam varian-varian SARS-CoV-2 sebelumnya. Diyakini, materian ini menyebabkan Omicron menjadi 'more human' sehingga mudah menyerang sistem imun.

Ini bisa berarti varian Omicron jadi lebih mudah menular, tapi di satu sisi hanya menyebabkan gejala yang relatif ringan atau bahkan asimptomatik alias tanpa gejala. Meski demikian, para ilmuwan masih belum bisa memastikan sifat-sifat varian Omicron. Butuh beberapa pekan untuk menyimulkannya.

"Mutasi baru ini bisa muncul pertama pada irang yang terinfeksi oleh kedua patogen ketika satu versi SARS-CoV-2 mengambil sekuens genetik dari virus lain," kata Venky Soundararajan dari Cambridge, dalam laporan ilmiahnya.



Simak Video "Varian Omicron 5 Kali Lipat Lebih Cepat Menular Dibanding Delta"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)