Minggu, 05 Des 2021 06:34 WIB

10 Tanda Depresi pada Remaja, Wajib Tahu Agar Bisa Cepat Diatasi

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
depresi 10 Tanda depresi pada remaja (Foto: Shutterstock/)
Jakarta -

Tanda-tanda depresi kerap tidak disadari, khususnya pada remaja. Akibatnya, banyak yang tidak tertangani dan memicu dampak yang lebih buruk.

Perubahan mood yang cepat merupakan salah satu hal yang khas dialami setiap remaja. Kondisi kadang membuat mereka merasa dikucilkan dan tidak dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

Tak hanya itu, perubahan mood yang begitu cepat juga berdampak pada munculnya depresi. Ketika remaja sudah mengalami hal tersebut, tentu harus ditangani dengan cepat dan tepat.

Depresi yang dialami remaja kadang luput dari perhatian orang tua. Ketika hal ini terjadi, ada baiknya orang tua menyadarinya lebih awal agar tidak terjadi masalah lebih lanjut.

Dikutip dari laman resmi NHS UK, Sabtu (4/12/2021), berikut 10 tanda yang muncul saat anak mengalami depresi:

  1. Mudah marah, sedih, merasa kosong. Sering pula muncul anggapan bahwa hidup tidak berarti.
  2. Kehilangan minat. Biasanya terjadi dalam hal olahraga, hobi, atau kegiatan yang biasa mereka sukai. Menarik diri dari teman-teman dan keluarga, serta memiliki masalah dalam berhubungan dengan orang lain.
  3. Menulis tentang kematian. Sering disertai membuang barang-barang favoritnya, dan sering mengatakan bahwa dunia lebih baik tanpanya.
  4. Kehilangan energi. Ditandai dengan mulai menarik diri dari lingkungan sosial, menunjukkan tanda-tanda kebosanan, dan tidak mau melakukan kegiatan yang biasa dilakukan.
  5. Membuat komentar kritis dan sinis terhadap diri sendiri. Memiliki masalah perilaku di sekolah atau di rumah serta terlalu sensitif terhadap penolakkan.
  6. Performa yang buruk di sekolah. Seperti contohnya sering tertidur, tidak berkonsentrasi di kelas, atau sering tidak masuk sekolah.
  7. Adanya perubahan nafsu makan. Akibatnya berat badan menurun secara berangsur-angsur.
  8. Jadi kurang tidur. Sering melakukan kegiatan yang berlebihan di waktu malam dan menyebabkan kurang tidur. Pola tidur tidak normal, kadan berlebih atau kadang kurang, serta kesulitan bangun di pagi hari.
  9. Mengalami kelambatan dalam segi fisik. Senang mondar-mandir secara berlebihan atau melakukan perilaku yang repetitif atau berulang=ulang.
  10. Sering mengalami keluhan fisik. Ciri-cirinya seperti sakit kepala dan sakit perut. Sering berkunjung ke UKS (unit kesehatan sekolah).

Apa pemicu tanda-tanda depresi pada remaja? Simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pandemi Sebabkan Masalah Kesehatan Mental Indonesia Meningkat 9 Persen"
[Gambas:Video 20detik]