Minggu, 05 Des 2021 07:26 WIB

Mengenal ICVCU, Ruang Perwatan Haji Lulung yang Sedang Sakit Jantung

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Haji Lulung di Masjid Sunda Kelapa Haji Lulung (Tsarina/detikcom)
Jakarta -

Politisi PPP Abraham Lunggana alias Haji Lulung tengah dirawat diRS Harapan Kita karena mengalami masalah kesehatan jantung. Dikabarkan, ia menempati ruang ICVCU.

Hal ini dibenarkah oleh Guruh Tirta Lunggana, putra Haji Lulung. Menurut Guruh, kondisi Haji Lulung kini berangsur membaik.

"Kepada rekan-rekan semua, saya Guruh Tirta Lunggana atas nama keluarga Haji Lulung Abraham Lunggana, menyampaikan bahwa benar adanya saat ini Haji Lulung (HL) sedang mengalami gangguan kesehatan jantung," kata Guruh, Sabtu (4/12/2021).

Sebelumnya, anggota DPRD DKI Fraksi PAN Riano Ahmad menyebut Haji Lulung menjalani perawatan intensif di RS Harapan Kita.

"(Dirawat di) Ruang ICVCU," katanya, Jumat (3/12/2021).

Apa bedanya ICVCU dengan ICU?

Dihubungi detikcom, dokter jantung dari RS Siloam Lippo Karawaci menjelaskan perbedaan ICVCU dengan ICU biasa. Menurutnya, ICVCU merupakan ICU untuk perawatan pasien dengan kondisi khusus dan memiliki peralatan lebih lengkap.

"Ruang perawatan intensif jantung itu isinya monitor tekanan darah, rekaman listrik jantung, oksigen dengan satu perawat minimal untuk satu pasien," terang dr Vito kepada detikcom, Jumat (3/12/2021).

Pasien dengan serangan jantung butuh perawatan intensif karena perlu dimonitor 24 jam. Demikian juga pasien dengan penyakit serius lainnya.

"Serius itu artinya bisa saja stabil dan tidak stabil. Stabil biasanya untuk monitoring dalam 48 jam bisa pindah ruangan, kalau tidak stabil biasanya akan perlu penanganan khusus lain," kata dr Vito.

Simak juga 'Viral Anggota Ormas Bekasi Sebut Orang Betawi Bodoh, Haji Lulung Marah':

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)