ADVERTISEMENT

Senin, 06 Des 2021 09:27 WIB

Viral Poster Film 1963 Jadi Bukti Omicron Rekayasa, Begini Faktanya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Hands holding mobile phone on blurred night city as background Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/B4LLS
Jakarta -

Belum lama sebuah akun Twitter dengan nama @MahachieJosey mengunggah poster film berjudul 'The Omicron Variant' pada 2 Desember 2021. Dalam postingannya, ia menulis bahwa poster film tersebut dirilis pada tahun 1963.

"Film yang dirilis pada tahun 1963 dan 58 tahun kemudian kita mengalami Varian Omicron di kehidupan nyata!," tulisnya.

Setelah dicek tim detikcom, postingan tersebut telah dihapus. Namun, @MahachieJosey kembali menulis dan memposting link dari film yang dimaksud.

Bagaimana faktanya?

Faktanya, berdasarkan keterangan dalam laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), judul dalam poster film tersebut merupakan hasil suntingan.

"Judul yang tercantum dalam poster film sebenarnya adalah 'Sucesos En La IV Fase' yang merupakan versi poster Bahasa Spanyol dari film berjudul 'Phase IV' yang dirilis tahun 1974, bukan 1963," tulis Kominfo yang dikutip dari laman resmi COVID19.go.id.

Seorang pengguna Twitter lainnya dengan naman 'BeckyChealtle' pun sempat mengunggah beberapa hasil karyanya berupa poster film yang disunting. Ia menggantikan judul asli film dengan 'The Omicron Variant' yang diunggah pada 28 November 2021, beberapa hari sebelum @MahachieJosey mengunggah poster film dengan judul yang sama.

"Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna '@MahachieJosey' itu bisa dikategorikan sebagai konten yang dimanipulasi atau manipulated content," jelasnya.



Simak Video "Jangan Euforia Dulu! Epidemiolog Minta Waspada soal BA.2"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT