Senin, 06 Des 2021 15:45 WIB

RI Bersiap Booster Vaksin COVID-19 Januari 2022 Demi Lawan Omicron

Vidya Pinandhita - detikHealth
Vaksin door to door gencar dilakukan sebagai langkah percepatan vaksinasi. Jelang HUT RI, aktivitas ini kental dengan nuansa kemerdekaan. Ilustrasi pemerintah sebut booster vaksin COVID-19 RI mulai Januari 2022, efektif lawan varian Omicron? Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Seiring temuan varian Omicron di sejumlah negara, yang dikhawatirkan menular lebih cepat bahkan dibanding varian Delta, pemerintah menyebut hingga kini belum ada kepastian terkait efektivitas vaksin COVID-19 terhadap varian Corona baru tersebut.

Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto menyebut di Indonesia, pemberian vaksin COVID-19 dosis ketiga atau booster direncanakan berjalan mulai Januari 2022.

"Dosis ketiga kita akan mempersiapkan di bulan Januari," katanya dalam konferensi pers terkait perpanjangan PPKM, Senin (6/12/2021).

Terkait itu, Airlangga menambahkan, hasil uji klinis di sejumlah negara merekomendasikan percepatan vaksinasi COVID-19 untuk menghadapi risiko penyebaran varian Omicron.

"Dan beberapa uji klinis di berbagai negara memberikan rekomendasi termasuk dari lembaga-lembaga kesehatan internasional kesehatan untuk dilakukan vaksinasi agar vaksinasi ini efektif untuk menangani varian-varian baru termasuk varian Omicron," pungkas Airlangga.



Simak Video "CDC AS: Booster Covid-19 Bantu Lindungi dari Varian Omicron"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/naf)