ADVERTISEMENT

Selasa, 07 Des 2021 13:07 WIB

7 Makanan Tinggi Kolesterol yang Aman Dikonsumsi, Tapi Jangan Sampai Berlebihan!

Atilah Tia Abelta - detikHealth
Kebiasaan Makan yang dapat Memicu Kolesterol Tinggi Makanan tinggi kolesterol. (Foto: Getty Images/iStockphoto)

4. Daging Merah

Daging merah sering dikaitkan dengan makanan tinggi kolesterol, seperti daging sapi, kambing, domba, dan daging rusa. Misalnya, 4 ons atau sekitar 113 gram daging giling yang terbuat dari 80 persen daging tanpa lemak memiliki 80,2 mg kolesterol dan hampir 8 gram lemak jenuh.

Mengonsumsi daging merah diperbolehkan asal dibatasi dan tidak lebih dari 70 gram per hari. Daging merah dapat memberikan nutrisi penting, seperti protein, zat besi dan seng.

Meskipun daging merah olahan memiliki hubungan yang jelas dengan penyakit jantung, namun beberapa studi populasi besar tidak menemukan hubungan antara asupan daging merah dan risiko penyakit jantung.

5. Jeroan

Jeroan yang kaya kolesterol, seperti jantung, ginjal, dan hati sangat bergizi.Misalnya, jantung ayam adalah sumber antioksidan kuat CoQ10 yang sangat baik, serta vitamin B12, zat besi, dan seng.

Ini juga tinggi kolesterol, dengan porsi 2 ons (56 gram) menyediakan 105 mg kolesterol, atau 36% dari RDI.

Sebuah studi di lebih dari 9.000 orang dewasa Korea menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi daging mentah yang tidak diproses dalam jumlah sedang, termasuk daging organ, memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung daripada mereka yang mengonsumsi lebih rendah.

6. Sarden

Sarden tidak hanya mengandung nutrisi, tetapi juga sumber protein yang lezat dan bergizi untuk tambahan berbagai macam hidangan.

Satu porsi 3,75 ons (92 gram) ikan kecil ini mengandung 131 mg kolesterol, atau 44% RDI, tetapi juga mengemas 63% RDI untuk vitamin D, 137% RDI untuk B12, dan 35%. dari RDI untuk kalsium.

Terlebih lagi, sarden merupakan sumber zat besi, selenium , fosfor, seng, tembaga, magnesium, dan vitamin E yang sangat baik.

7. Yoghurt Penuh Lemak

Yoghurt penuh lemak adalah makanan tinggi kolesterol yang dikemas dengan nutrisi seperti protein, kalsium, fosfor, vitamin B, magnesium, seng, dan kalium.

Satu cangkir (245 gram) yoghurt penuh lemak mengandung 31,9 mg kolesterol, atau 11% dari RDI.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi produk susu fermentasi penuh lemak dikaitkan dengan penurunan kolesterol LDL "kolesterol jahat" dan tekanan darah, serta risiko stroke, penyakit jantung, dan diabetes yang lebih rendah.

Ditambah lagi, produk susu fermentasi seperti yoghurt bermanfaat bagi kesehatan usus.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Yang Terjadi Bila Seseorang Terpapar Gas Air Mata"
[Gambas:Video 20detik]

(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT