ADVERTISEMENT

Selasa, 07 Des 2021 13:52 WIB

Pro-Kontra PPKM Nataru Level 3 Seluruh RI Dibatalkan, Setuju atau Nggak?

Ayunda Septiani - detikHealth
Indonesia masih terus berkutat menanggulangi pandemi COVID-19. Komunitas Aku Badut Indonesia (ABI) ikut turun ke jalan guna mensosialisasikan penggunaan masker. PPKM level 3 untuk seluruh wilayah di RI dibatalkan pemerintah. (Foto ilustrasi: ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)
Jakarta -

Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Hermawan Saputra menilai bahwa langkah yang diambil pemerintah dalam membatalkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 saat Natal dan Tahun baru 2022 (Nataru) di Indonesia merupakan sebuah kemunduran.

"Cukup disayangkan, kebijakan kita agak berjalan mundur karena pada dasarnya kita cukup mengapresiasi wacana kebijakan yang diawali dengan adanya upaya menaikkan PPKM Level 3, dan itu memang sudah belajar dari pengalaman tahun lalu dan juga risiko aktivitas kita," jelas Hermawan, saat dihubungi detikcom, Selasa (7/12/2021).

Hermawan menerangkan, belum lagi dunia saat ini dihadapi dengan adanya varian baru Omicron yang mana sudah terdeteksi di negara tetangga baik di Malaysia, Singapura, dan Australia.

Meski varian Omicron sendiri dinilai tidak memperparah gejala klinis, sehingga diharapkan tidak menyebabkan kematian. Namun, Hermawan mengingatkan bahwa adanya temukan kasus varian Omicron mayoritas menginfeksi usia muda.

Ia juga menilai bahwa PPKM berlevel yang berlaku saat ini di masyarakat terkait mobilitasnya sudah menyerupai kondisi normal sebelum pandemi. Dengan kondisi demikian, pihaknya khawatir kasus Covid-19 di Indonesia kembali melonjak pasca libur Nataru.

"Kalau kita berkaca, sekarang aktivitas kita lihat sudah kembali seperti normal, itu sebab kalau tidak ada langkah kebijakan maka Nataru bisa menimbulkan risiko terutama varian baru ini kita antisipasi dengan adanya pembatasan," kata dia.

Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan kebijakan PPKM Level 3 Nataru dibatalkan. Sebagai gantinya, pemerintah pun kembali menerapkan PPKM sesuai tingkat status atau levelling masing-masing daerah.

Ia menerangkan pemerintahan mengambil keputusan itu karena mengklaim Indonesia sudah lebih siap menghadapi musim libur akhir tahun dengan melihat beberapa faktor.

Sebelumnya, pemerintah menyatakan akan menerapkan PPKM level 3 tanpa kecuali di seluruh wilayah Indonesia pada masa libur nataru, 24 Desember 2021-2 Januari 2021.

Detikers bagaimana? Setuju nggak sih PPKM level 3 Nataru seluruh Indonesia dibatalkan?



Simak Video "Kasus Harian Covid-19 Jepang Tembus 100.000"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT