ADVERTISEMENT

Selasa, 07 Des 2021 16:01 WIB

Cerita Maia Estianty Pernah Jadi Korban Pelecehan Seksual

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Maia Estianty saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk. Maia Estianty. (Foto: Noel/detikFoto)
Jakarta -

Maia Estianty menceritakan pengalaman kurang menyenangkan yang pernah ia alami saat masih kecil. Ternyata ia pernah jadi korban pelecehan seksual.

Kejadian tersebut ia alami saat masih duduk di bangku sekolah dasar. Karena masih kecil, Maia mengaku tak tahu jika tindakan tersebut adalah pelecehan seksual.

"Hal paling tidak bisa aku lupakan adalah pernah mendapatkan pelecehan seksual, itu waktu kelas 2 SD," cerita Maia saat berbincang di Youtube Nikita Willy Official, Selasa (7/12/12).

Tak hanya sekali, Maia ternyata juga pernah mengalami peristiwa serupa saat kuliah. Namun jiwa keras Maia membuat dirinya bisa melawan pelaku pelecehan tersebut.

Dikutip dari Very Well Mind, seseorang yang pernah diserang secara seksual umumnya akan mengalami trauma. Trauma karena pernah dilecehkan dapat membuat korban merasa takut, marah, bersalah, cemas, dan sedih.

Belum lagi stigma yang terkait dengan pelecehan dan kekerasan seksual dapat menyebabkan beberapa orang merasa malu. Tidak jarang korban pelecehan seksual mengalami gangguan pascatrauma atau PTSD.

Korban kekerasan atau pelecehan seksual juga bisa mengalami ketakutan dan kecemasan. Pemicu atau rangsangannya bisa berupa ciri-ciri tertentu dari pelaku seperti warna rambut, bentuk tubuh, hingga jenis pakaian.



Simak Video "Ini Kata Psikolog Forensik Soal Dugaan Kasus 'Colak-colek' Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT