Rabu, 08 Des 2021 13:34 WIB

Heboh Kadinkes Bekasi Temukan 4 Warga DKI Kena Omicron, Kemenkes Angkat Bicara

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Omicron adalah varian baru virus Corona. Virus ini pertama kali terdeteksi di Afrika. Heboh kabar varian Omicron masuk Indonesia, begini faktanya. (Foto: Getty Images/iStockphoto/loops7)
Jakarta -

Beredar informasi Indonesia menemukan empat kasus varian Omicron, yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan. Informasi yang viral menyebutkan empat kasus ini adalah hasil pemeriksaan sampel di Laboratorium Farmalab, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

Kementerian Kesehatan RI membantah tegas kabar ditemukannya empat kasus varian Omicron. Menurut juru bicara vaksinasi COVID-19 dr Siti Nadia Tarmizi, Corona B.1.1.529 hingga kini belum ditemukan di Indonesia.

"Belum ada," tegas dr Nadia kepada detikcom melalui pesan singkat Rabu (8/12/2021).

Senada, Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI, dr Maxi Rein Rondonuwu, menyebut Indonesia belum mengidentifikasi satu pun kasus Omicron.

"Kami belum menemukan. Sampai saat ini pemerintah masih menggencarkan whole genome sequencing," beber dia.

Sebagai catatan, sudah ada lebih dari 40 negara yang mencatatkan kasus COVID-19 varian Omicron, termasuk Singapura, Malaysia, Korea Selatan dan Thailand.

Gejala COVID-19 varian Omicron disebut pakar cenderung ringan. Namun varian Omicron ini diyakini lebih cepat menular ketimbang varian lainnya, termasuk COVID-19 varian Delta.



Simak Video "Simak! 7 Gejala Awal Terpapar Varian Omicron"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)