Senin, 13 Des 2021 08:58 WIB

Netizen Ributkan Karantina Dul dan Mulan Jameela, Bagaimana Aturan Terbarunya?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Dul dan El usai jenguk Ahmad Dhani Dul Jaelani. Foto: Palevi/detikHOT
Jakarta -

Heboh kabar Dul Jaelani dan Mulan Jameela disebut-sebut kabur dari karantina sepulang dari Turki. Tudingan tersebut disampaikan sejumlah netizen di kolom komentar media sosial, meski hingga kini belum ada konfirmasi dari pihak terkait.

Sebenarnya, seperti apa aturan karantina terbaru untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru tiba di RI dari luar negeri?

Kebijakan karantina terbaru diatur dalam Adendum Surat Edaran Nomor 23 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Adendum Surat Edaran tersebut ditetapkan pada 2 Desember 2021.

Aturan-aturan dalam SE tersebut diperuntukkan seluruh WNI dan Warga Negara Asing (WNA) yang sudah melakukan perjalanan internasional.

Salah satu poin ketentuan dalam SE tersebut menyebut WNA dan WNI pasca perjalanan luar negeri wajib melakukan tes COVID-19 PCR dan menjalani karantina selama 10 hari.

"Pada saat kedatangan, dilakukan tes ulang RT-PCR bagi pelaku perjalanan internasional dan diwajibkan menjalani karantina selama 10 x 24 jam," tertulis dalam SE tersebut.

Lalu apa lagi poin-poin ketentuan dan persyaratan yang berlaku bagi WNI dan WNA yang baru tiba di RI pasca perjalanan luar negeri? Berikut rinciannya:

  1. Pada saat kedatangan, dilakukan tes ulang RT-PCR bagi pelaku perjalanan internasional dan diwajibkan menjalani karantina selama 10 x 24 jam
  2. Dalam hal kepala perwakilan asing dan keluarga yang bertugas di Indonesia dapat melakukan karantina mandiri di kediaman masing-masing selama 10 x 24 jam
  3. Bagi WNI dan WNA dilakukan tes RT-PCR kedua dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Pada hari ke-9 karantina bagi pelaku perjalanan internasional yang melakukan karantina dengan durasi 10 x 24 jam; atau
  • Pada hari ke-13 karantina bagi pelaku perjalanan internasional yang melakukan karantina dengan durasi 14 x 24 jam.

Simak video 'Bantahan Pihak Ahmad Dhani soal Tudingan Tak Lakukan Karantina':

[Gambas:Video 20detik]



(vyp/up)