Selasa, 28 Des 2021 11:50 WIB

Kemenkes Ungkap Kondisi Pasien Transmisi Lokal Varian Omicron, Begini Gejalanya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Omicron Corona Virus Variant Omicron (Foto: Getty Images/iStockphoto/MCCAIG)
Jakarta -

Pada Selasa (28/12/2021), Kementerian Kesehatan mengumumkan adanya penularan lokal varian Omicron. Dengan temuan ini, total kasus varian Omicron di Indonesia sudah mencapai 47 kasus.

"Hari ini kita mengupdate temuan kasus transmisi lokal omicron di Indonesia," kata Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers, Selasa (28/12/2021).

Kasus lokal ini dialami pria berusia 37 tahun yang tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri ataupun melakukan kontak dengan pelaku perjalanan luar negeri. Kini, ia dirawat di RSPI Sulianti Saroso.

dr Nadia juga mengungkap kondisi pasien kasus lokal tersebut usai terinfeksi varian Omicron. Ia mengatakan pasien tidak mengalami gejala apapun sampai hari ini.

"Kondisi klinis yang bersangkutan ini sebenarnya tidak bergejala. Jadi, sama sekali kita tidak temukan gejala sampai hari ini," kata dr Nadia dalam konferensi pers, Selasa (28/12/2021).

"Artinya, sejak terdiagnosis dengan rapid antigen kemudian pemeriksaan PCR positif pada tanggal 20, dan ini adalah tanggal 27 tidak ada gejala khusus ataupun tidak ditemukan gejala, artinya orang ini tanpa gejala," jelasnya.

Kini, pihak Kemenkes tengah melakukan tracing pada kontak erat pasien serta beberapa tempat yang sempat dikunjunginya. Salah satunya sebuah restoran di daerah SCBD serta apartemen tempat tinggalnya selama di Jakarta.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)