Rabu, 29 Des 2021 12:46 WIB

6 Tanda Kista Ovarium, Nyeri Panggul dan Perut Membesar

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Young woman having painful stomach ache. Chronic gastritis. Stomach or menstrual cramps. Abdomen bloating concept. 6 tanda kista ovarium. (Foto: Getty Images/iStockphoto/eternalcreative)
Jakarta -

Kista ovarium adalah salah satu kondisi yang sering kali dialami oleh wanita. Kista ini tumbuh di area ovarium atau indung telur wanita, berbentuk seperti kantung yang berisi cairan dan dapat membesar.

Umumnya kista ovarium tidak memunculkan gejala apapun dan bisa hilang dengan sendirinya.

"Sebagian besar kista ovarium adalah kista folikel jinak yang bisa muncul dan hilang dengan siklus Anda dan tidak memerlukan penanganan lebih lanjut," ucap ginekolog di NYU Langone Health, Taraneh Shirazian, MD, dikutip dari Women's Health

Akan tetapi, ada juga beberapa kasus dimana kista ovarium tidak bisa sembuh dengan sendirinya dan memerlukan tindakan operasi.

Hal ini dilakukan agar kista tersebut tidak berubah menjadi kanker atau komplikasi serius lainnya. Meski jarang menunjukkan gejala, ada beberapa tanda yang perlu diwaspadai. Dikutip dari berbagai sumber, berikut tanda-tandanya:

1. Sering mengalami nyeri panggul

Tanda kista ovarium pertama adalah sering mengalami nyeri panggul. Biasanya kondisi ini akan dirasakan pada pinggul di bagian bawah, kanan, atau kiri, tempat di area ovarium.

Jika rasa sakit yang dirasakan terus-menerus muncul, sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

2. Sering merasa kenyang

Kista ovarium bisa menyebabkan rasa berat di daerah abdomen atau perut. Rasa yang ditimbulkan terkadang mirip seperti mengalami sembelit.

Namun, jika kista tumbuh di kedua ovarium wanita, sensasi rasa nyerinya hanya akan terasa di salah satu bagian panggul saja.

JIka selalu pergi ke kamar mandi secara teratur, namun terus merasakan hal yang sama dan berat di daerah abdomen selama dua hingga tiga minggu, bisa jadi ini pertanda ada kista ovarium di dalam tubuh.

3. Perut membesar

Perut yang membesar bisa menjadi tanda atau gejala dari kista ovarium. Namun, tergantung dengan kondisinya.

Apabila perut membesar dan berat tubuh tidak naik, bisa jadi ini pertanda ada kista ovarium di dalam tubuh yang sedang tumbuh membesar.

4. Sering buang air kecil

Tanda lain dari kista ovarium yang sering kali ditemukan adalah seringnya buang air kecil. Umumnya orang yang sering kali buang air kecil akibat dari banyaknya asupan air ke dalam tubuh.

Namun, jika asupan air dalam tubuh sedikit dan kerap buang air kecil, bisa jadi ini pertanda adanya kista ovarium.

Dr. Chapman-Davis, Spesialis Onkologi Ginekologi di Weill COrnell Medicine, New York, menyatakan "jika kistanya menekan kantung kemih, maka Anda merasa seperti harus buang air kecil," ucapnya.

"Atau pada beberapa wanita, ia merasa ingin kencing lebih sering tapi susah untuk keluar. Ini karena tertutup oleh kista." lanjutnya.

5. Sering merasa sakit saat berhubungan intim

Kista ovarium juga dapat menimbulkan rasa sakit atau nyeri saat berhubungan intim. Biasanya rasa sakit akan terasa di beberapa bagian vagina atau panggul.

"Beberapa kista, saat itu membesar, bisa tertinggal di belakang rahim, yaitu tepat di dekat leher rahim," ujar dr. Chapman-Davis.

"Jadi, mungkin akan muncul rasa sakit saat melakukan penetrasi yang dalam. Endometrioma (kista ovarium yang berhubungan dengan endometriosis) juga bisa menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seks, karena letaknya lebih dekat ke serviks," tambahnya.

6. Muncul sakit di area punggung dan nyeri di kaki

Jika kista ovarium telah membesar, ruang panggul akan terus menyempit dan memberikan rasa sakit yang cukup serius. Kondisi ini bisa menyebabkan nyeri di punggung dan bahkan sampai kaki.

"Jika saat konsultasi ke dokter tidak bisa menemukan apa penyebab nyeri saraf yang Anda alami, bisa jadi ini adalah tanda dari kista ovarium," tutur dr. Chapman-Davis

Selain tanda-tanda kista ovarium, ada baiknya ketahui juga penyebab kista ovarium itu muncul. Dikutip dari Mayo Clinic, berikut penyebabnya:

1. Masalah hormonal

Masalah hormonal adalah kondisi dimana kelenjar penghasil hormon di dalam tubuh terganggu. Penyebabnya bisa karena konsumsi obat-obatan, terapi hormon, dan lainnya yang bisa memicu kista ovarium.

2. Kehamilan

Kista ovarium umumnya terjadi pada ibu hamil. Kista ini dapat terdeteksi pada trimester pertama, menyusut pada minggu ke-14, dan menghilang ketika kehamilan minggu ke 16.

3. Endometriosis

Endometriosis adalah kondisi ketika jaringan dari lapisan dalam dinding rahim tumbuh di luar rongga rahim, seperti tuba falopi, ovarium, kandung kemih, usus besar, vagina, atau rektum.

Beberapa jaringannya yang menempel di ovarium dapat membentuk pertumbuhan kista ovarium.

4. Infeksi pada panggul

Jika seseorang mengalami infeksi pada panggul dan menyebar ke ovarium, dapat memicu adanya kista ovarium.

Apabila merasakan 6 tanda kista ovarium yang telah diuraikan di atas, ada baiknya segera mengunjungi dokter untuk diperiksa dan ditindaklanjuti agar tidak terjadi komplikasi yang disebabkan oleh kista ovarium.



Simak Video "Kembali Bak Perawan dalam 30 Menit!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)