Rabu, 29 Des 2021 16:02 WIB

Viral Video Dampak Sisir Rambut yang Tak Pernah Dicuci, Bikin Jijik!

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral sisir rambut bisa kotor. Foto: Tangkapan layar/TikTok
Jakarta -

Sebuah video viral di TikTok menunjukkan bagaimana kotornya sisir rambut bila tidak pernah dicuci. Banyak netizen ternyata tidak menyangka bahwa sisir rambut bisa begitu kotor dan jadi tempat potensial untuk kuman berkembang biak.

Dalam video yang sudah ditonton lebih dari 4 juta kali, seorang pengguna Tiktok dengan nama akun @everything_tidy mencoba membuktikan teori soal rambut bisa berminyak karena sisir yang kotor. Ia mengumpulkan sisir rambut di rumahnya lalu dicuci dengan air sabun.

"Saya menempatkan semua sisir rambut saya di wastafel, mari kita diamkan sebentar," kata sang pengunggah video.

Setelah sekitar satu jam, @everything_tidy kembali mengecek sisir rambut yang ditinggalkan terendam di wastafel berisi air sabun. Tampak air yang sebelumnya jernih menjadi kotor kecoklatan.

"Ya tuhan menjijikkan sekali. Para wanita jangan lupa cuci sisir rambut. Saya sendiri tidak tahu, tapi coba lihat saja," lanjutnya.

Ahli trikologi Bridgette Hill dari The Scalp Therapist menjelaskan sisir rambut yang kotor memang bisa memengaruhi produksi sebum atau minyak alami yang dihasilkan kulit kepala. Sisir kotor malah dapat menyebarkan debu, kulit mati, dan minyak pada kulit kepala yang mungkin dari awal sudah bersih.

"Sisir yang tidak bersih dan higienis menyebarkan bakteri, mencemari kulit kepala dan rambut dengan kotoran lama, serta membuat jamur dan kuman bisa sampai ke akar rambut. Ini berujung pada penyumbatan dan peradangan yang akan memperparah kondisi kulit kepala," kata Bridgette seperti dikutip dari Insider, Selasa (28/12/2021).

Disarankan cuci sisir sebulan sekali dengan air sabun. Sebelum sisir dicuci, jangan lupa bersihkan sisa-sisa rambut yang mungkin masih menempel.



Simak Video "Berapa Lama Proses Tumbuhnya Rambut Usai Jalani Implan?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)