Jumat, 31 Des 2021 11:00 WIB

Pentingnya DHA untuk Tumbuh Kembang Otak Si Kecil

Sponsored - detikHealth
Pentingnya DHA untuk Tumbuh Kembang Otak Si Kecil Foto: Dok. Mecosin
Jakarta -

Di tengah perjuangan kita bersama melawan COVID-19, kelahiran terus terjadi di Indonesia. Nutrisi yang ibu konsumsi pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) anak, merupakan faktor penentu kualitas intelektual generasi penerus bangsa yang akan dilahirkan.

Untuk itu, ketika memasuki masa kehamilan hingga menyusui, seorang ibu harus mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung DHA (Docosahexaonic acid). DHA ini diketahui penting untuk tumbuh kembang janin hingga anak berusia 2 tahun.

DHA merupakan salah satu senyawa asam lemak Omega-3 yang penting untuk perkembangan organ tubuh anak, khususnya otak dan mata, sejak dalam kandungan. DHA yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, bisa ibu hamil (bumil) dan ibu menyusui (busui) dapatkan dari berbagai jenis ikan yang hidup di laut dalam, maupun kacang-kacangan, telur, daging, atau pilihan yang praktis melalui suplemen kesehatan yang mengandung DHA.

Dampak DHA bagi Pertumbuhan Janin hingga Anak Berusia 2 Tahun

Komposisi otak terdiri dari lemak yang sekitar seperempatnya dihasilkan oleh DHA. Saat menganalisis struktur otak, ilmuwan menemukan bahwa DHA merupakan bagian dari struktur membran neuron. Berikut ini manfaat DHA yang sangat penting bagi anak sejak dalam kandungan hingga dilahirkan ke dunia.

1. Membantu menyempurnakan pertumbuhan organ tubuh khususnya otak dan mata.
2. Mendukung perkembangan saraf (neuron)
3. Mencegah terjadinya ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder).
4. Mempengaruhi berat badan serta ukuran lingkar kepala bayi ketika lahir.
5. Memberikan daya tahan tubuh yang baik
6. Memberikan nutrisi pada otak sehingga memiliki daya ingat yang baik.
7. Kekurangan DHA sejak kecil memiliki dampak jangka panjang seperti depresi, penyakit jantung, radang sendi, dan kanker.

Pentingnya DHA untuk Tumbuh Kembang Otak Si KecilFoto: Dok. Mecosin



Pertumbuhan Otak Anak

Hitungan 1.000 HPK atau disebut periode keemasan anak dimulai sejak janin terbentuk untuk pertama kalinya di dalam rahim, hingga anak berusia dua tahun. Dalam periode ini, otak anak akan tumbuh hingga mencapai 80% otak dewasa, sehingga penting untuk Bumil memenuhi kebutuhan DHA.

Setelah usia 2 tahun, otak anak akan terus berkembang dan bahkan mencapai 90% dari otak dewasa pada 5 tahun pertama kehidupannya.

Menurut David Perlmutter, M.D., pakar kesehatan sekaligus ahli saraf di Naples, Amerika, DHA yang dibutuhkan anak sesuai pertumbuhannya adalah sebagai berikut.

  • Ketika anak masih berada dalam kandungan, DHA bermanfaat meningkatkan IQ anak hingga nanti usianya memasuki usia 4 tahun.
  • Pada anak usia 6 bulan-2 tahun, DHA bermanfaat meningkatkan produksi hormon penting untuk pertumbuhan otak yang pesat pada usia ini.
  • Saat anak memasuki usia 2 tahun, DHA bermanfaat membantu koordinasi mata-tangan yang lebih baik.
  • Pada rentang usia 2-5 tahun, rendahnya asupan DHA pada anak meningkatkan risiko mengalami ADHD, masalah penglihatan, dan depresi.
Pentingnya DHA untuk Tumbuh Kembang Otak Si KecilFoto: Dok. Mecosin

Selanjutnya
Halaman
1 2