Kamis, 30 Des 2021 17:26 WIB

Waspada, Ini Gejala Penularan COVID-19 yang Jarang Disadari

Nada Zeitalini Arani - detikHealth
Healthcare and medical concept. Female scratching the itch on her hand, cause of itching from skin diseases, dry skin, allergy, chemical, allergic to detergent or dishwashing liquid and dermatitis, insect bites, burned, drug. Health problem. Foto: Getty Images/iStockphoto/ipopba
Jakarta -

Seseorang yang terinfeksi COVID-19 biasanya menunjukkan gejala tertentu, mulai dari gejala ringan hingga berat. Gejala yang umumnya terjadi pada pasien terinfeksi COVID-19 adalah demam, batuk, pilek, hingga sesak nafas.

Gejala yang terjadi pada setiap orang tentunya berbeda, tergantung tingkat imunitas tubuh dalam melawan virus Corona. Sehingga penanganan yang diberikan pada setiap pasien pun berbeda. Namun tahukah kamu bahwa ada beberapa gejala yang jarang terjadi tetapi juga disebabkan infeksi COVID-19, sehingga kamu perlu mewaspadainya.

Dilansir dari situs CNBC Indonesia, berikut inilah beberapa gejala COVID-19 yang jarang terjadi namun tetap perlu diwaspadai!

1. Nyeri Otot

Gejala ini mungkin sangat umum dirasakan banyak orang. Bahkan penyebab seseorang mengalami nyeri otot juga beragam. Akan tetapi, pada beberapa pasien COVID-19 ditemukan gejala nyeri otot. Hal ini disebabkan adanya pelepasan bahan kimia sitokin ke tubuh sebagai bentuk respons terhadap infeksi.

2. Sakit Perut

Gejala sakit perut ini mungkin sangat jarang dialami pasien COVID-19, namun ditemukan pula pada beberapa pasien. Sakit perut menjadi gejala awal terinfeksi virus Corona, sama halnya dengan batuk dan pilek. Infeksi yang disebabkan COVID-19 biasanya menyebabkan pasien diare dan muntah-muntah.

3. Infeksi Mata

Menurut laporan American Academy of Ophthalmology, ditemukan pula pada beberapa pasien COVID-19 yang mengalami gejala kondisi mata merah. Akan tidak selalu gejala infeksi pada mata disebabkan oleh COVID-19.

4. Gatal-gatal

Nah, gatal-gatal juga menjadi salah satu gejala awal infeksi COVID-19 yang sangat jarang terjadi. Namun beberapa pasien juga ditemukan gejala gatal dengan bintik-bintik atau ruam pada kulit. Tidak hanya gatal, bintik-bintik merah juga memberikan sensasi terbakar sebagai respon imun terhadap sistem saraf.

Itulah beberapa gejala awal infeksi COVID-19 yang mungkin jarang dialami oleh kebanyakan pasien. Akan tetapi gejala tersebut juga ditemukan pada sebagian pasien terinfeksi COVID-19. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk kamu lebih waspada dan berhati-hati jika mengalami beberapa gejala yang disebutkan di atas.



Simak Video "Dokter Beberkan Gejala Covid-19 yang Kini Sering Muncul Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/up)