Kamis, 06 Jan 2022 14:00 WIB

Cuitan Ferdinand 'Allahmu Ternyata Lemah' Viral Bikin Ikut Emosi, Harus Gimana?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ferdinand Hutahaean dilaporkan ke polisi karena cuitan twitternya soal Allahmu ternyata lemah. Bagaimana pangkal masalahnya? Ferdinand Hutahaean viral diamuk netizen. (Foto: Nurin/detikcom)
Jakarta -

Ferdinand Hutahaean mendadak jadi sorotan netizen lantaran dinilai menistakan agama. Banyak netizen geram karena Ferdinand sempat mencuit 'Allahmu ternyata lemah' meski belakangan menghapus dan mengklarifikasi maksud cuitan tersebut.

"Kasihan sekali Allahmu ternyata lemah, harus dibela. Kalau aku sih Allahku luar biasa, maha segalanya, Dialah pembelaku selalu dan Allahku tak perlu dibela," demikian cuitan Ferdinan yang viral.

Menurut psikolog klinis Nuzulia Rahma Tristinarum dari Pro Help Center, wajar banyak netizen yang merasa geram dan tak bisa menahan amarah saat merespons cuitan Ferdinand. Pasalnya, persoalan agama menjadi sebagian besar hidup seseorang.

"Jika bagian hidupnya dihina, tentu saja wajar ketika respons awal adalah marah," terang Rahma saat dihubungi detikcom Rabu (6/1/2022).

Meski begitu, bukan berarti netizen bisa mengekspresikan amarahnya tanpa kendali, terlebih di media sosial. Cara bijak yang bisa dilakukan adalah melampiaskan amarah dengan membawa masalah ke jalur hukum.

Sebaiknya, Rahma menyarankan untuk menghindari memaki atau menyakiti diri dan orang lain.

"Release marah tersebut dengan cara yang tepat pula, cari cara-cara melepaskan rasa marah yang tidak menyakiti diri dan orang lain."

"Dalam kasus ini, kita bisa membawanya ke jalur hukum tanpa harus memaki-maki, menyerang balik atau main hakim sendiri," pungkas dia.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)