ADVERTISEMENT

Kamis, 06 Jan 2022 22:00 WIB

Ngeri Lihat Spirit Doll? Kamu Nggak Sendiri, Itu Namanya Pediophobia

Firdaus Anwar - detikHealth
Boneka arwah spirit doll kini tengah heboh diperbincangkan dan menjadi sebuah tren di kalangan selebriti. Bagaimana tanggapan MUI-Sosiolog? Foto: Getty Images/iStockphoto/Михаил Руденко
Jakarta -

Tren memiliki spirit doll atau boneka arwah populer di kalangan selebriti dan jadi bahan pembicaraan. Boneka tersebut diperlakukan selayaknya anak atau bayi manusia, terlihat dari unggahan di media sosial.

Sebagian orang mungkin merasa tidak nyaman atau takut ketika melihat boneka-boneka tersebut. Tenang, kamu tidak sendiri kok karena ada alasan psikologis di baliknya.

Neurolog Sigmund Freud merupakan salah satu orang yang pertama kali membahas rasa ngeri atau tidak nyaman saat melihat boneka. Manusia disebut memang punya dorongan untuk menghindari hal-hal yang mirip manusia, namun bukan manusia.

Itulah kenapa hal seperti zombie, boneka jahat, atau robot manusia begitu populer dalam karya fiksi horor.

Ahli psikologi Profesor Frank McAndrew dari Knox College menjelaskan saat seseorang melihat hal mirip manusia, tapi bukan manusia, ada konflik yang bisa terjadi dalam pikiran. Otak tidak bisa mengkategorikannya dalam hal yang dikenali dan ini menjadi sumber perasaan tidak nyaman.

"Kita didorong untuk bereaksi terhadap sesuatu seolah-olah itu adalah manusia, tapi kita sadar itu bukan manusia. Respons simultan saling bertentangan ini biasanya yang jadi perasaan tidak nyaman," kata Frank seperti dikutip dari Psychology Today, Kamis (6/1/2022).

Bagi beberapa orang rasa tidak nyaman atau ngeri terhadap boneka tersebut bahkan bisa berkembang menjadi sebuah fobia. Kondisi ini dikenal juga dengan sebutan pediophobia.



Simak Video "Psikiater Tak Temukan Dampak Positif Adopsi Spirit Doll"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT