Selasa, 11 Jan 2022 05:30 WIB

Round Up

Viral Bule Keluhkan Hotel Karantina Rp 2 Juta Semalam, Fasilitas Bagusan Kos

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral kondisi hotel karantina COVID-19 untuk pelaku perjalanan dari luar negeri. Kondisi hotel tempat karantina (Foto: dok.pribadi/Abah Omar)
Jakarta -

Viral unggahan video dari seorang warga negara Amerika Serikat (AS), Matthew J Martin, yang sedang menjalani karantina di salah satu hotel di DKI Jakarta. Pria yang akrab disapa Abah Omar tersebut mengeluh soal kondisi hotel yang dianggap tidak sesuai dengan tarifnya, sekitar Rp 2 juta semalam.

Sesuai peraturan pemerintah, para pelaku perjalanan luar negeri memang diharuskan menjalani karantina di fasilitas yang sudah ditunjuk oleh Satgas Penanganan COVID-19. Hanya pekerja migran, pelajar, pegawai pemerintah, dan utusan wakil Indonesia yang beban biaya karantinanya ditanggung negara sementara lainnya bayar mandiri.

Abah Omar mengaku baru kembali dari AS bersama seorang anaknya saat terdeteksi positif di karantina pintu kedatangan. Mereka kemudian diarahkan untuk menjalani karantina di hotel selama sekitar 10 hari dengan total biaya sekitar Rp 22 juta.

[Gambas:Instagram]




"Kita semua menghormati peraturan siap bayar. Tapi langsung datang ke kamar jelek banget luar biasa," ungkap pria yang sudah 5 tahun tinggal di Bogor ini pada detikcom, Senin (10/1/2022).

"Karpet jelek sangat berdebu. Tempat tidur rusak seperti bekas tempat tidur orang gemuk banget. Lebih rendah daripada kos-kosan," lanjutnya.

Abah Omar menjelaskan ia bersama anaknya tidak mengalami gejala serius hanya pilek ringan. Namun, ia mengkhawatirkan kondisi hotel yang tidak terawat mulai dari karpet penuh debu, tempat tidur berisik, cat mengelupas, dan dinding berjamur malah bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

"Masalahnya mereka tidak memberi opsi, hanya satu hotel dipaksa langsung ke hotel ini. Mereka coba memaksa kami tanda tangan biaya atas sendiri tapi enggak ada rincian harga," ungkapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Konten Negatif Kok Cenderung Mudah Viral?"
[Gambas:Video 20detik]