Fakta-fakta Pria Pertama di Dunia Penerima Transplantasi Jantung Babi

ADVERTISEMENT

Fakta-fakta Pria Pertama di Dunia Penerima Transplantasi Jantung Babi

Vidya Pinandhita - detikHealth
Selasa, 11 Jan 2022 10:45 WIB
Jakarta -

Geger kabar seorang pria berusia 57 tahun asal Amerika Serikat, David Bennett, menjadi orang pertama di dunia yang menerima transplantasi jantung babi. Berdasarkan laporan dokter tiga hari pasca operasi, kondisi Bennett telah membaik.

Operasi tersebut dilakukan oleh tim di University of Maryland Medicine. Jika terbukti berhasil, para ilmuwan berharap organ babi bisa membantu meringankan kekurangan organ donor di dunia.

Berikut fakta seputar transplantasi jantung babi yang dijalani David Bennett:

1. Transplantasi jantung babi pertama di dunia

Operasi yang dijalani David Bennett merupakan transplantasi jantung babi pertama di dunia. Mengandalkan bidang yang dimungkinkan oleh alat modifikasi gen baru, University of Maryland Medicine menunjukkan kelayakan transplantasi jantung babi ke manusia.

"Ini adalah operasi terobosan dan membawa kita selangkah lebih dekat untuk memecahkan krisis kekurangan organ. Tidak ada cukup hati manusia donor yang tersedia untuk memenuhi daftar panjang calon penerima," kata Dr Bartley Griffith, yang melakukan transplantasi jantung babi ke pasien, dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters Selasa (11/1/2022).

2. Ilmuwan optimistis bakal jadi terobosan besar

Jika transplantasi jantung babi yang dijalani David Bennett terbukti berhasil, para ilmuwan meyakini transplantasi tersebut bakal menjadi solusi atas kekurangan organ donor di dunia.

"Kami melanjutkan dengan hati-hati, tetapi kami juga optimis bahwa operasi pertama di dunia ini akan memberikan pilihan baru yang penting bagi pasien di masa depan," beber Griffith.

3. Transplantasi jantung babi merupakan 'pilihan terakhir' pasien

Dalam rilis yang dibuat sehari sebelum operasi, David Bennett mengaku transplantasi jantung babi merupakan langkah terakhir yang bisa ia jalani. Tak menutup mata bahwa operasi yang bakal dijalaninya adalah hal baru di dunia, Bennett memutuskan untuk tetap menjalani operasi untuk bertahan hidup.

"Itu baik mati atau melakukan transplantasi ini. Saya ingin hidup. Saya tahu ini adalah tembakan dalam kegelapan, tapi itu pilihan terakhir saya," ujarnya dalam pernyataan tertulis yang dimuat universitas.

4. Kondisi Bennett pasca operasi

Kondisi Bennett dinyatakan sudah membaik tiga hari setelah operasi transplantasi jantung berlangsung. Menurut Dr Griffith, operasi yang berlangsung selama delapan jam pada Jumat (7/1/2022) tersebut menjadi operasi transplantasi jantung babi pertama yang berhasil dijalani.

"Ini berhasil, dan terlihat normal. Kami senang, tapi kami tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Ini belum pernah dilakukan sebelumnya," kata dr Griffith dikutip dari The Straits Times, Selasa (11/1/2022).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT