Fakta-fakta Pria Pertama di Dunia Penerima Transplantasi Jantung Babi

ADVERTISEMENT

Fakta-fakta Pria Pertama di Dunia Penerima Transplantasi Jantung Babi

Vidya Pinandhita - detikHealth
Selasa, 11 Jan 2022 10:45 WIB

5. Jantung babi sudah dimodifikasi

Jantung babi yang ditransplantasi pada tubuh Bennett sudah dimodifikasi secara genetik oleh Revivicor, sebuah perusahaan obat regeneratif di Blacksburg, Virginia. Pagi hari sebelum operasi berlangsung, tim transplantasi mengambil jantung babi dan menempatkannya ke dalam alat khusus untuk mempertahankan fungsi jantung sampai operasi berlangsung.

Para ilmuwan sudah lama meyakini babi sebagai sumber potensial transplantasi lantaran organ-organnya mirip dengan manusia. Selain jantung, organ babi lainnya yang tengah diteliti untuk ditransplantasi ke manusia yakni ginjal, hati, dan paru-paru.

6. Sebelumnya sudah pernah berlangsung, namun gagal

Sebelumnya, upaya transplantasi organ babi ke manusia sudah pernah berlangsung dan berujung gagal akibat perbedaan genetik menyebabkan penolakan organ atau virus menimbulkan risiko infeksi.

Para ilmuwan telah mengatasi masalah itu dengan mengubah gen yang berpotensi berbahaya.

Dalam jantung yang ditanamkan pada Bennett, tiga gen yang sebelumnya terkait dengan penolakan organ "dihilangkan" dari babi donor. Enam gen manusia yang terkait dengan penerimaan kekebalan dimasukkan ke dalam genom babi.

Para peneliti juga menghapus gen babi untuk mencegah pertumbuhan berlebihan dari jaringan jantung babi.


(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT