Minggu, 23 Jan 2022 11:07 WIB

Kecelakaan di Sudirman Diduga Karena Pengemudi Mabuk, Ini 6 Bahaya Alkohol

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
ilustrasi alkohol Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta -

Terjadinya kecelakaan empat kendaraan di jalan Sudirman, Jakarta Pusat, pada Sabtu (22/01/2022), diduga disebabkan pengemudi yang mabuk. Hal ini biasanya disebabkan kehilangan konsentrasi akibat alkohol.

Konsumsi alkohol itu sendiri diketahui dapat memicu segala masalah kesehatan. Termasuk di antaranya penyakit.

Dikutip dari Healthline, banyak orang yang menganggap minum bir atau segelas anggur sesekali pada waktu tertentu tidak masalah. Namun, meminum alkohol dalam jumlah sedang atau berlebihan, dapat memicu sejumlah masalah kesehatan yang tak diinginkan.

Bahkan, menurut data 2011-2015 yang dikutip dari CDC, konsumsi alkohol yang berlebih berkontribusi terhadap sekitar 95.000 kematian di Amerika Serikat. Lantas, apa saja sih penyakit akibat mabuk alkohol? Dikutip dari Medical News Today, berikut informasinya

1. Penyakit Liver

Alkohol akan terserap ke dalam aliran darah yang kemudian terkumpul di hati untuk dipecah atau dinetralkan agar dapat dibuang dari tubuh.

Apabila alkohol yang diminum terlalu berlebihan, organ hati pun tak dapat memprosesnya dan membuat kadar alkohol dalam darah menjadi sangat tinggi. Hal inilah yang memicu kegagalan organ dan kematian.

2. Penyakit Pankreatitis

Penyakit kronis akibat alkohol berikutnya adalah pankreatitis atau peradangan pankreas yang sangat menyakitkan. Tercatat sekitar 70 persen kasus pankreatitis disebabkan oleh minum alkohol yang berlebihan.

3. Kanker

Semakin sering mengonsumsi alkohol, semakin besar risiko terkena kanker, bahkan kematian akibat penyakit tersebut. Konsumsi alkohol dapat memicu kanker mulut, kerongkongan, laring, perut, hati, usus besar, rektum, dan payudara.

4. Masalah Pencernaan

Ketika alkohol melewati saluran pencernaan, zat kimia yang terkandung di dalamnya akan memberikan efek toksik yang menyebabkan kerusakkan pada organ pencernaan. Itulah mengapa minum alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan masalah dengan sistem pencernaan, seperti maag, refluks asam (asam lambung), mulas, dan radang selaput perut (gastritis).

5. Disfungsi Sistem Kekebalan Tubuh

Minum alkohol yang berlebih dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan tubuh mudah rentan terkena penyakit menular, seperti pneumonia dan TBC. Kondisi ini terjadi akibat penurunan jumlah sel darah putih karena alkohol.

6. Mengganggu Kerja Otak

Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dapat mempengaruhi kerja otak yang memicu risiko penglihatan kabur, melemahkan daya ingat, bicara cadel, kesulitan berjalan, dan membuat refleks dan koordinasi gerakan tubuh menjadi terganggu.

Itulah 6 penyakit akibat minum alkohol yang berlebihan dan tak boleh kita sepelekan guys. Jika merasa mengalami kecanduan alkohol dan kesulitan untuk menghentikannya, ada baiknya konsultasi dengan dokter untuk mendapat konseling dan pengobatan.



Simak Video "Ngopi Agar Nggak Ngantuk di Jalan, Efektif?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)