Mayong Duga Maura Stres Sebelum Meninggal, Ini Kaitannya dengan Jantung

ADVERTISEMENT

Mayong Duga Maura Stres Sebelum Meninggal, Ini Kaitannya dengan Jantung

Vidya Pinandhita - detikHealth
Selasa, 25 Jan 2022 18:29 WIB
Maura Magnalia Madyaratri dalam kenangan.
Foto: dok. Instagram

Dalam penjelasan lainnya, dr Vito memberi paparan terkait hubungan stres dan rasa sedih mendalam dengan risiko kardiomiopati. Kondisi tersebut dinamai 'Broken Heart Syndrome' atau 'Kardiomiopati Takotsubo'.

"Biasanya orang yang punya kelemahan otot jantung karena broken heart syndrome dapat diketahui dengan pemeriksaan USG jantung atau ekokardiografi," terang dr Vito dalam akun YouTubenya (DRV CHANNEL), dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan.

"Di itu bisa dilihat gambarnya seperti balon, terutama di bagian ujungnya bahwa ini terjadi bagian tertentu dari jantung nya tidak bisa memompa dengan sempurna kembali. Makanya rasanya memang seperti sesak napas seperti orang habis serangan jantung," sambungnya.

Menyikapi adanya risiko kardiomiopati tersebut, dr Vito berpesan pada masyarakat untuk mau turun tangan menghibur orang yang sedang stres berat atau sedih mendalam.

"Kalau kita menemukan orang yang sedih mendalam, makanya jangan terlalu baper. Artinya, kita tahu bahwa ada batasnya dan tentu ini pasti kesedihan akan berlalu. Sebagai orang yang menemukan hal semacam itu tentunya kita harus menghibur," pungkasnya.



Simak Video "Kenali Penyebab Henti Jantung yang Diduga Pemicu Tewaskan 153 Orang di Itaewon"
[Gambas:Video 20detik]

(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT