Senin, 07 Feb 2022 14:00 WIB

Mohon Perhatian, Kasus COVID-19 di 3 Provinsi Ini Sudah Lampaui Puncak Delta

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Pandemi COVID-19 DKI Jakarta makin hari makin terkendali. Salah satu indikatornya persentase kasus positif COVID-19 sudah berada di angka 0,9 persen. Kasus COVID-19 di tiga provinsi ini sudah melampaui puncak Delta. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Ada 3 provinsi di Indonesia yang mencatat jumlah kasus saat ini melampaui gelombang Delta tahun lalu. Hal ini diungkap oleh Menteri Kesehatan Budi Gunandi Sadikin dalam siaran pers di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (7/2/2022).

"Sekarang sudah ada 3 provinsi yang jumlah kasusnya melebihi jumlah kasus gelombang Delta yang lalu. Pertama DKI Jakarta, kasusnya kemarin sudah mencapai 15.800 kasus, padahal puncak tertingginya DKI sebelumnya 14.600 kasus," ungkap Budi.

Budi mengungkap, provinsi kedua adalah Banten. Ia menyebutkan kasus di provinsi Banten mencapai 4.800 kasus, padahal di gelombang Delta tahun lalu hanya mencatatkan 3.900 kasus.

Dilanjutkan provinsi Bali, jumlah kasusnya sudah menyentuh 2 ribu kasus. Sedangkan gelombang tertinggi di gelombang Delta 1.900 kasus pada tahun lalu.

"Ketiga provinsi yang jumlah kasus hariannya sudah melebihi dari puncak delta tersebut, angka yang dirawat di rumah sakit masih di angka 30-50 persen," lanjutnya.

Menkes juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik apabila ada jumlah kasus Corona meningkat. Sebab, yang lebih penting adalah mereka yang masuk rumah sakit dan meninggal jauh lebih rendah dan masih bisa terkendali.

Simak video 'Jabodetabek PPKM Level 3, Mal-Resto Kapasitas Maksimal 60 Persen':

[Gambas:Video 20detik]



(naf/up)