Rabu, 09 Feb 2022 11:15 WIB

Apa Itu Tuba Falopi? Bikin Zaskia Sungkar Sulit Hamil Normal Usai Diangkat

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Zaskia sungkar di Indonesia Fashion Week Zaskia Sungkar ungkap kedua tuba falopi diangkat (Foto: Hestianingsih)
Jakarta -

Zaskia Sungkar belum lama ini sempat mengaku tak bisa hamil normal lantaran saluran tuba falopinya telah diangkat. Hal tersebut disebabkan oleh penyakit endometrium yang diidapnya.

Istri Irwansyah ini mengungkapkan bahwa tuba falopinya harus diangkat dua sekaligus lantaran mengalami perlengketan.

"Jadi Kia (Zaskia Sungkar) saluran tubanya sudah diangkat dua-duanya. Kia nggak bisa hamil normal lagi. Iya (diangkat). Dua-duanya ada perlengketan," kata Zaskia Sungkar, dikutip dari YouTube Cinta Quran TV, Rabu (9/2/2022).

"Ini kejadiannya tuh baru kemarin setelah pas Kia program (program hamil) yang terakhir ini. Suatu hari di mana kita masih ikhtiar, Kia ngomong 'kalau kata orang kalau abis usaha itu jangan langsung banyak gerak gitu. Diem dulu, tiduran dulu'," lanjutnya.

Berkaca dari peristiwa Zaskia Sungkar, lantas apa sih itu tuba falopi? Dikutip dari Healthline, Rabu (9/2/2022), berikut informasinya.

Apa Itu Tuba Falopi?

Tuba falopi merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita yang memiliki peran penting dalam proses pembuahan dan menstruasi. Saluran yang menghubungkan antara ovarium dan harim ini diketahui memiliki panjang sekitar 10-13 cm (4-5 inci).

Sebagian wanita yang mengidap penyakit atau kondisi tertentu, seperti kehamilan ektopik dapat menyebabkan penyumbatan di tuba falopi sehingga sulit untuk hamil.

Fungsi Tuba Falopi

Tuba falopi berfungsi sebagai tempat berjalannya sel telur dari ovarium menuju rahim saat ovulasi. Selain itu, saluran ini juga berguna sebagai tempat pertemuan sel telur dengan sperma saat proses pembuahan.

Apabila tuba falopi mengalami penyumbatan, perjalanan sel telur menuju rahim pun juga akan tersumbat.

Penyebab Tuba Falopi Tersumbat

Adapun penyebab dan faktor yang bisa membuat tuba falopi tersumbat, yaitu:

  • Penyakit radang panggul
  • Endometriosis
  • Infeksi menular seksual (IMS)
  • Kehamilan ektopik
  • Fibroid
  • Pernah operasi perut

Apakah Masih Bisa Hamil Jika Tuba Falopi Tersumbat?

Dikutip dari Healthline, wanita yang mengalami penyumbatan di tuba falopi masih memiliki peluang untuk hamil tergantung pada tingkat keparahan penyumbatannya.

Kehamilan dapat terjadi lebih cepat apabila terjadi penyumbatan di dekat rahim. Namun, kehamilan dapat terjadi lebih lama jika penyumbatan terjadi di ujung tuba falopi.

Apabila mengalami kondisi ini, segera konsultasi dengan dokter untuk berdiskusi lebih lanjut terkait perawatan dan peluang untuk hamil.



Simak Video "Dokter Ungkap Alasan Zaskia Sungkar Melahirkan Secara Sesar"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)