Sabtu, 19 Feb 2022 10:00 WIB

KONSULTASI KESEHATAN

Gampang Sedih Saat Isoman karena Positif COVID-19, Apakah Gangguan Jiwa?

Firdaus Anwar - detikHealth
Cara Mendapatkan Obat Covid Gratis Saat Isoman, Ikuti Langkah Ini Ilustrasi isoman COVID-19. (Foto: Getty Images/iStockphoto/LucaLorenzelli)
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok, saya mau konsultasi, saya dinyatakan positif COVID-19 sudah 4 hari dan saya melakukan isoman (isolasi mandiri) di rumah. Alhamdulillah kondisi kesehatan saya sudah membaik tinggal lemas, batuk, dan tenggorokan sakit saja.

Cuma entah kenapa akhir-akhir ini saya sensitif sekali gampang emosi, gampang sedih, dan akhirnya banyak pikiran. Saya sudah berusaha maksimal menenangkan diri dan ketika sudah mulai sedih, pasti saya berdoa atau berusaha mencari hiburan di sosial media tapi tetap saja tidak ada efek. Jadi saya takut nanti kalau saya isoman terus dengan kondisi yang sensitif ini, apa kejiwaan saya enggak terganggu ya dok? Mohon solusinya dok.

Mau tanya juga, inikan hasil PCR saya belum keluar, jika nantinya keluar dan hasilnya masih positif minimal masa isoman itu berapa hari ya untuk varian Omicron.

Mira Setyarini (Wanita, 26 tahun)

Jawaban

Memang saat kita melakukan isolasi pasti menjadi banyak pikiran ya, maka dari itu ada baiknya melakukan hal-hal yang menyenangkan selama isoman agar kita tidak stres dan mudah emosi. Kuncinya adalah jangan stres.

Untuk isoman tetap dilakukan 10 hari ya.

dr Prabawa Yogaswara
Dokter Umum RS Brawijaya Depok

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.

Simak juga 'Simak Lagi! Ini 4 Derajat Keparahan Gejala Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(fds/naf)