Rabu, 02 Mar 2022 11:05 WIB

Sunway Medical Centre Raih Sertifikasi Kesesuaian COVID-19

Spo - detikHealth
Sunway Medical Centre Foto: Sunway Medical Centre
Jakarta -

Global Healthcare Accreditation (GHA) mengungkap Sunway Medical Centre di Kuala Lumpur, Malaysia dianugerahi Sertifikasi Kesesuaian Akreditasi Perawatan Kesehatan Global dengan Pedoman COVID-19 untuk Program Perjalanan Medis pada 13 Januari 2022 lalu. Sunway Medical Centre adalah penyedia layanan kesehatan pertama di Malaysia yang mendapatkan Sertifikasi COVID-19.

Sebagaimana diketahui, Sunway Medical Centre yang didirikan pada November 1999 ini merupakan rumah sakit perawatan kritis swasta terbesar di Malaysia serta rumah sakit tersier regional terkemuka di kawasan ASEAN. Sunway Medical Centre menawarkan rangkaian layanan medis komprehensif yang mencakup fasilitas dan teknologi medis canggih untuk perawatan khusus rawat jalan dan rawat inap, program kesehatan dan kebugaran, serta layanan gawat darurat 24 jam untuk pasien lokal dan Internasional.

Rumah sakit ini memiliki 26 pusat keunggulan, 616 tempat tidur berlisensi, lebih dari 60 spesialisasi, dan lebih dari 200 spesialis dan sub-spesialis. Selain itu, Sunway Medical Centre juga melayani hampir setengah juta pasien setiap tahun dan lebih dari 40.000 kunjungan pasien internasional dari 170 negara.

Sunway Medical Centre juga sudah memiliki perwakilan di beberapa negara untuk memudahkan pasien internasional dalam menggunakan pelayanannya, termasuk di Indonesia. Adapun perwakilan Sunway Medical Centre Indonesia berlokasi di Plaza Cirendeu No. 1A Lantai 2, Jalan Raya Cirendeu No. 20, Pisangan, Kec. Pamulang, Tangerang Selatan, Banten 15419. Dengan adanya perwakilan ini, pasien Indonesia bisa menghubungi perwakilan SMC Indonesia di nomor telepon atau WA 0811-1250-695 dan bisa cek melalui website rumahsakitmalaysia.com

Banyaknya fasilitas Sunway Medical Centre juga diiringi dengan kuatnya sistem pendukung yang terdiri dari 2.600 personel berdedikasi, termasuk para konsultan medis, staf kesehatan profesional, serta staf perawat yang sudah terlatih dan berdedikasi tinggi. Sunway Medical Centre secara khusus bergerak dalam bidang kanker, penyakit darah, kedokteran nuklir, ortopedi, bedah dengan bantuan robot (robotik), gastroenterologi, neurologi, bedah saraf, jantung dan pembuluh darah, hingga seputar wanita dan anak-anak.

Adapun Akreditasi Perawatan Kesehatan Global (Global Healthcare Accreditation/GHA) untuk Layanan Perjalanan Medis mengeluarkan Pedoman COVID-19 ini guna membantu organisasi di industri pariwisata medis dan kesehatan. Khususnya yang tengah berupaya mengurangi risiko infeksi virus corona bagi pasien perjalanan domestik dan Internasional serta pendamping mereka.

Pedoman ini dinilai sangat unik karena berfokus pada keseluruhan rangkaian perawatan, termasuk interaksi dengan organisasi perawatan kesehatan, hotel, dan transportasi darat.

Sunway Medical CentreFoto: Sunway Medical Centre

Diketahui, Sertifikasi Kesesuaian (The Certification of Conformance) untuk rumah sakit dan pusat rawat jalan ini merupakan sertifikasi berjangka waktu tiga tahun dengan tinjauan yang dilakukan tahunan. Sertifikasi ini memberi tanda kepada pelancong medis, perujuk, dan pembayar lainnya bahwa organisasi telah menerapkan rekomendasi dalam pedoman sebagai strategi mitigasi risiko proaktif untuk memastikan keselamatan pasien dan kesejahteraan selama dan pasca-COVID-19. Proses sertifikasi ini juga meliputi pelatihan online bagi staf untuk membiasakan diri dengan Pedoman dan Proses Sertifikasi tersebut.

Managing Director Sunway Healthcare Group Dato' Lau Beng Long mengatakan Sunway Medical Centre sebagai rumah sakit tersier dan kuarterner (yang terdiri dari empat bagian) unggulan dalam menawarkan layanan komprehensif kepada pasien internasional ini dengan rendah hati dan bersyukur menerima nilai penuh dari akreditasi tersebut.

"Visi kami adalah memberikan perawatan klinis terbaik dengan kasih sayang dan menjadikan Sunway Medical Center sebagai tempat tujuan bagi pasien lokal dan internasional untuk kebutuhan perawatan kesehatan mereka," ungkap Dato' Lau dalam keterangan tertulis, Rabu (2/3/2022).

"Ini adalah bukti komitmen tim perawatan kesehatan kami dalam mematuhi protokol COVID-19 untuk memastikan keselamatan pasien internasional kami sambil menjaga mereka senyaman mungkin selama perjalanan perawatan mereka," imbuhnya.

Sementara itu, Chief Executive Officer Global Healthcare Accreditation (GHA) Karen Timmons mengungkap pihaknya sangat senang bisa mengucapkan selamat kepada Sunway Medical Centre karena menjadi rumah sakit pertama di Malaysia yang meraih Sertifikasi Kesesuaian GHA dengan Pedoman COVID-19 untuk Program Perjalanan Medis.

Sunway Medical Centre Foto: Sunway Medical Centre

"Sertifikasi menunjukkan kepada pasien, pembeli, dan pemangku kepentingan utama lainnya bahwa protokol, praktik, dan prosedur operasional Sunway Medical Centre telah melalui tinjauan eksternal dan mencerminkan praktik terbaik internasional yang dirancang untuk menjaga keselamatan pasien yang bepergian," ujar Karen.

Hubungi perwakilan SMC Indonesia di nomor telepon atau WA 0811-1250-695 atau bisa melalui website rumahsakitmalaysia.com

Mantan Direktur Eksekutif Program Akreditasi JCI, Ann Jacobson yang kini menjadi Direktur Operasi Klinis GHA pun menjelaskan tujuan utama Sertifikasi Kesesuaian GHA dengan Pedoman COVID-19 untuk Program Perjalanan Medis ini.

"Meningkatkan transparansi dan mendorong komunikasi berkelanjutan dengan pasien, yang juga bahkan lebih penting selama masa-masa yang penuh tantangan ini, dan yang sangat amat membantu meningkatkan kepercayaan pasien pada rumah sakit. Saya mengucapkan selamat kepada Sunway Medical Centre atas dedikasi dan komitmennya terhadap keselamatan pasien dan stafnya," tutur Ann. (Content Promotion/Sunway Medical Centre

(Content Promotion/Sunway Medical Centre)