Senin, 07 Mar 2022 11:15 WIB

Gibran Kena COVID-19 Lagi, Apa Sih Penyebab Reinfeksi? Ini Kata Dokter Paru

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Jakarta -

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dikabarkan terkena COVID-19 kembali. Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut diketahui mengalami gejala sejak beberapa hari lalu dan kini tengah menjalani isolasi.

"Iya positif," kata Gibran dalam keterangan tertulis pada Minggu (6/3/2022).

Ini merupakan kedua kalinya Gibran terkena COVID-19. Sebelumnya, ia sempat dinyatakan positif pada Juli 2021 lalu.

Lantas, apa sih penyebabnya seseorang bisa reinfeksi virus Corona?

Menurut dr Erlina Burhan, SpP(K), dokter spesialis paru senior dari RS Persahabatan dan Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI),reinfeksi dapat terjadi apabila seseorang memiliki sistem imun di bawah rata-rata.

"Reinfeksi itu bisa terjadi terutama orang yang belum divaksin dan juga untuk orang sistem imunnya di bawah rata-rata, dan dia sering terpapar virus. Jadi, kuncinya bahwa sistem imun dan lingkungan yang membuat dia (seseorang) sangat mudah terpapar terus-menerus," katanya dalam siaran langsung Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan, Selasa (22/2/2022).

Itu mengapa menjalani protokol kesehatan sangat penting untuk mencegah reinfeksi pada orang-orang yang pernah mengidap COVID-19.

"Jadi itulah mangkanya dikatakan protokol kesehatan itu penting untuk mencegah reinfeksi pada orang-orang yang sudah pernah sakit yang merasa 'oh saya sudah punya imunitas nih', gapapa dong longgar sedikit, yaitu tadi mencegah terjadinya reinfeksi," lanjutnya.

Selengkapnya tentang Gibran terinfeksi COVID-19 bisa disimak DI DETIK JATENG.



Simak Video "Positif Covid-19 Lagi, Gibran Rakabuming Alami Gejala Batuk"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)