Senin, 14 Mar 2022 06:10 WIB

Obama Juga Mengalami, Kenapa Tenggorokan Gatal Saat Kena COVID-19?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
U.S. President Barack Obama pauses during his last press conference at the White House in Washington, U.S., January 18, 2017.      REUTERS/Joshua Roberts Barack Obama kena COVID-19, mengeluhkan tenggorokan gatal (Foto: REUTERS/Joshua Roberts)
Jakarta -

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengalami tenggorokan gatal setelah dinyatakan positif COVID-19. Dokter menyebut keluhan di tenggorokan banyak dialami pasien COVID-19, bahkan menjadi gejala paling khas pada varian Omicron.

Dibanding varian COVID-19 lainnya, Omicron yang saat ini menjadi varian paling dominan di seluruh dunia menyebabkan gejala yang relatif lebih ringan. Keluhan yang paling khas pada varian ini adalah batuk dan nyeri tenggorokan.

Bahkan demam yang pada varian-varian sebelumnya mendominasi gejala, tidak banyak ditemukan pada varian Omicron. Keluhan sesak napas hingga membutuhkan oksigen, disebut hanya ditemukan pada 18-20 persen pasien Omicron.

"Itu menunjukkan bahwa kerusakan paru nggak ada. Kenapa itu terjadi, karena Omicron ini berkembangbiaknya atau replikasinya itu ada di saluran napas atas, nggak nyampai ke bawah. Kalaupun nyampai, sedikit nggak sampai 20 persen," kata dr Erlina Burhan, SpP dari RS Paru Persahabatan, dalam diskusi media, Kamis (27/1/2022).



Meski demikian, tidak semua keluhan nyeri tenggorokan adalah gejala Omicron. Berbagai penyakit lain seperti faringitis akibat infeksi saluran napas atas juga dicirikan dengan nyeri tenggorokan.

"Sementara nyeri tenggorokan karena varian Omicron biasanya diikuti dengan keluhan sangat letih, lelah dan juga ada nyeri kepala, disertai hidung tersumbat atau meler dan berair," terang dr Erlina, menjelaskan beda nyeri tenggorokan biasa dengan gejala COVID-19.

Obama mengumumkan dirinya terinfeksi COVID-19 di Twitter. Meski mengeluhkan tenggorokan gatal-gatal, ia mengaku kondisinya baik-baik saja. Sang istri, Michelle, dipastikan negatif. Obama dan istri sudah vaksinasi dan sudah booster.

Simak juga 'Moderna Rancang Vaksin Hibrida Penangkis Omicron':

[Gambas:Video 20detik]



(up/up)