Rabu, 16 Mar 2022 13:40 WIB

Yuk, Bantu Anak-anak Indonesia dengan Bersepeda Bersama Bike to Care!

Rosiana Putri Muliandari - detikHealth
Bike to Care Foto: Bike to Care
Jakarta -

Tahun ini, Bike To Care akan hadir secara hybrid, virtual dan offline. Acara ini sendiri diselenggarakan oleh SOS Children's Villages, lembaga non-pemerintah yang fokus memberikan pengasuhan alternatif berbasis keluarga bagi anak-anak yang telah atau berisiko kehilangan pengasuhan orang tua.

Pertama kali dilaksanakan secara offline, Bike To Care kali ini mengambil jarak 500 KM mengelilingi pulau Bali dengan tema #BersamaUntukAnak. Tidak hanya mengayuh, para pesepeda yang ikut serta juga dapa memberikan donasi. Semua dana yang didapatkan nantinya akan sepenuhnya disalurkan kepada 7.200 anak yang telah atau terancam kehilangan pengasuhan orang tua mereka dari berbagai daerah di Indonesia.

"Melihat cukup banyak antusias pesepeda yang luar biasa membangkitkan semangat optimis kami demi memberikan yang terbaik bagi anak-anak Indonesia. Dengan tujuan yang selalu sama, yaitu membantu anak-anak yang kehilangan pengasuhan orang tua, kami harap semakin banyak masyarakat yang turut serta mendukung program dari SOS Children's Villages Indonesia," jelas Lusiana Udjaja, Public Relations, Communications and Digital Fundraising Manager SOS Children's Villages Indonesia, dalam rilis pers, Selasa (15/3/2022).

Acara offline dilaksanakan pada 19 - 20 Maret 2022 dari Hotel SOL Benoa Bali di Benoa dan pendaftaran telah dibuka di www.biketocare.com. Acara ini terbagi dalam 2 kategori, yaitu 500KM Individu dan 300-200KM Duo Relay. Di hari pertama, para pesepeda akan mengayuh sepanjang 300 KM dari Jimbaran, Tabanan, Negara, Pulaki, dan berhenti di Lovina untuk bermalam di sana.

Bike to CareBike to Care Foto: Bike to Care

Untuk acara virtual, Bike To Care bekerjasama dengan platform 99 Virtual Race. Peserta terbagi menjadi dua kategori yaitu Individu 150 KM, 250 KM dan 500 KM, serta team relay. Pendaftaran acara virtual dibuka mulai dari 17 Januari 2022 hingga 6 Maret 2022.

Acara virtual ini telah dimulai sejak 20 Februari 2022 lalu dan ditutup pada tanggal 20 Maret 2022, penutupan acara offline di Bali. Hingga 14 Maret, total kilometer yang terkumpul sudah mencapai lebih dari 75.000 kilometer. Para pesepeda dapat menyelesaikan targetnya dengan cara menyicil atau multiple ride.

SOS Children's Villages membutuhkan dana minimal sebesar 500 Juta Rupiah agar program pengasuhan alternatif berbasis keluarga berjalan lancar. Setidaknya, tiap anak membutuhkan Rp 6 Juta Rupiah untuk memenuhi seluruh kebutuhan dasar mereka selama setahun.

Hingga tanggal 14 Maret 2022, donasi yang terkumpul sudah mencapai sekitar 272 Juta Rupiah. Masih dibutuhkan banyak bantuan lagi agar mimpi ratusan anak Indonesia dapat terwujud. Jika Anda tertarik untuk membantu, namun, tidak dapat berpartisipasi di Bike To Care, kunjungi kitabisa.com/biketocare untuk ikut berdonasi.



Simak Video "Pesepeda Indonesia Kian Banyak, Gimana Fasilitas Umum Pendukungnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)