ADVERTISEMENT

Jumat, 18 Mar 2022 13:30 WIB

Bermunculan 'Crazy Rich' Abal-abal, Kenapa Sih Doyan Banget Pamer Harta?

Vidya Pinandhita - detikHealth
woman at the marina Ilustrasi penjelasan psikolog tentang penyebab perilaku pamer 'Crazy Rich palsu'. Foto: Getty Images/iStockphoto/2Mmedia
Topik Hangat Tren Pamer Harta

"Yang lain adalah nanti kita masuk ke perilaku gemar untuk memamerkan diri sebagai 'Crazy Rich' tapi sebenarnya dia nggak rich. Jadi 'acting' pura-pura. Itu bisa masuk ke antisosial, melakukan itu dengan sengaja menipu demi keuntungan pribadi. Bisa relate ke misalnya biar dia diakui dipercaya kemudian orang mau meminjamkan dia duit, atau orang mau membeli produk dia atau produknya bohong sebenarnya tapi orang percaya," jelas Veronica.

"Yang lain misal yang lebih mudah dipahami misal insecurity, dirinya merasa insecure, meragukan diri sendiri sehingga dia butuh validasi dari lingkungan bahwa dia orang yang hebat, diakui, dipandang seperti itu. Ini karena dia meragukan diri sendiri," pungkasnya.

Lebih lanjut menurut Veronica, kondisi di balik perilaku pamer ala Crazy Rich tersebut sebenarnya bisa ditangani dengan pendekatan psikologis. Dengan penanganan psikolog, orang dengan perilaku tersebut bisa 'mengerem' agar tidak merembet mengganggu orang lain.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(vyp/up)
Topik Hangat Tren Pamer Harta

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT