ADVERTISEMENT

Selasa, 29 Mar 2022 15:21 WIB

Alopecia Bisa Sembuh Nggak Sih? Penyintas Bagikan Pengalaman Berobat

Vidya Pinandhita - detikHealth
PARK CITY, UT - JANUARY 19:  Actress Jada Pinkett Smith attends the Feature Film Jury Orientation Breakfast during the 2018 Sundance Film Festival at Cafe Terigo on January 19, 2018 in Park City, Utah.  (Photo by Dia Dipasupil/Getty Images) Jada Pinkett Smith mengidap alopecia (Foto: Getty Images)

Ican mengisahkan, bagian sulit dari penyakit alopecia bukan hanya kerontokan, melainkan juga tekanan pada psikis. Meski secara fisik Ican beroleh pengobatan bahkan dengan dukungan keluarga, Ican mengaku tak jarang orang-orang di sekitarnya terkesan menyepelekan kondisi Ican.

Bahkan ketika Ican menceritakan kondisinya ke orang lain, tak jarang dirinya malah dibanding-bandingkan dengan kondisi pasien autoimun lain dengan manifestasi yang berbeda dan terlihat lebih berat.

Pasalnya, autoimun sebagaimana yang dialami Ican hanya terlihat dari pitak yang dialaminya. Padahal, kondisi tersebut berasal dari dalam tubuhnya.

"Waktu pertama kali didiagnosa itu, itu aku menjalani treatment sampai hampir dua tahun bolak-balik ke dokter, bolak-balik beli obat terus minum obat, segala macam. Sedangkan waktu itu aku masih kuliah. Jadi rada-rada ribet, dan aku juga malu untuk minum obat dan bawa obat kemana-mana," jelas Ican.

"Treatment-nya itu waktu itu bagian kepalaku di area pitaknya itu disuntik seperti mungkin dia semacam stimulan, perangsang untuk menumbuhkan rambut. Selama hampir dua tahun atau lebih, kepalaku bagian pitaknya disuntik terus. Habis itu juga aku masih dikasih obat minum, obat oles untuk di kulit kepalanya juga," pungkasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(vyp/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT