Kamis, 31 Mar 2022 13:37 WIB

Tangkal COVID-19, Transmedia Gandeng BIN Booster 1.200 Karyawan

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Jakarta -

Transmedia bekerjasama dengan Badan Intelijen Negara (BIN) dalam mengadakan kegiatan vaksinasi booster atau dosis ketiga pada Kamis (31/3/2022) hingga Jumat (1/4/2022).

Kegiatan booster ini dilakukan sebagai upaya dalam berpartisipasi untuk mempercepat tercapainya herd immunity dan menyelesaikan pandemi COVID-19.

Vaksin boosterVaksin booster Foto: Suci Risanti Rahmadania/DetikHealth

"Tujuannya adalah untuk mempercepat tercapainya herd immunity di seluruh warga Indonesia," kata Mayjen TNI (Purn) Neno Hamriono Sip, MM, Kepala BIN Daerah DKI Jakarta, saat ditemui detikcom di gedung Transmedia, Kamis (31/3/2022).

Adapun sejumlah syarat yang harus dipenuhi karyawan Transmedia untuk mendapatkan vaksin booster, yaitu:

  • Sudah menerima vaksin kedua minimal 3 bulan
  • Tidak memiliki komorbid
  • Lulus tahap skrining

"Syarat khususnya sudah menerima dosis kedua selama lebih kurang tiga bulan, kalau belum menerima dosis kedua kita akan vaksin dulu dosis kedua. Kemudian tiga bulan berikutnya baru bisa vaksin booster. Kedua, tidak ada komorbid, artinya memenuhi syarat pada saat skrining. Apabila skriningnya lulus, maka akan di-booster," lanjutnya.

Target sasaran kegiatan vaksin selama dua hari berjumlah 1.200 karyawan. Namun, tak menutup kemungkinan bisa diteruskan apabila stok vaksin masih tersedia. Juga, program ini masih dikhususkan untuk karyawan dan belum dibuka untuk umum.

"Kalau target dua hari kami menyediakan kalau nggak salah 1.200. Nanti kita melihat kalau misalnya ada animonya bisa lebih, ya nanti kita akan diskusi lagi," ucap Direktur Transmedia, Latif Harnoko.

"Saat ini kita masih fokus ke Transmedia (dan belum buka untuk umum)," lanjutnya.

Apakah program vaksin tersebut efektif? Zahara (29) seorang keluarga karyawan asal Jakarta Timur menyebut kegiatan yang dilaksanakan oleh Transmedia dan BIN sangat tertib, bahkan tak perlu susah payah untuk mengantri panjang.

"Situasinya tertib, petugasnya juga cekatan ngarahin jadi nggak bingung. Nggak ngantre lama," tuturnya.

Begitu juga dengan Firdaus (29) yang menyebut kegiatan ini mempermudah dirinya untuk mendapatkan vaksin booster lantaran dekat.

"Tiket vaksin booster sebenarnya sudah lama keluar dari Januari, tapi belum kesampaian. Karena sekarang ada kesempatan deket tempat kerja, jadi sekalian aja deh," ucap Firdaus.

(suc/up)