Kamis, 31 Mar 2022 14:48 WIB

Gelar Vaksinasi Booster bareng Transmedia, BIN Bawa Mobil Lab Tes COVID-19

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Mobil laboratorium Mobil bus laboratorium BIN (Foto: Suci Risanti Rahmadania/DetikHealth)
Jakarta -

Badan Intelijen Negara (BIN) dan Transmedia bekerjasama menggelar program vaksinasi booster untuk karyawan pada hari Kamis (31/3/2022) hingga Jumat (1/4). Program tersebut bertujuan untuk menciptakan herd immunity dan menyelesaikan COVID-19.

"Tujuannya adalah untuk mempercepat tercapainya herd immunity di seluruh warga Indonesia," kata Mayjen TNI (Purn) Neno Hamriono Sip, MM, Kepala BIN Daerah DKI Jakarta, saat ditemui detikcom di gedung Transmedia, Kamis (31/3/2022).

Mobil laboratoriumMobil laboratorium Foto: Tya/20Detik

Selain menggelar vaksin booster atau dosis ketiga, BIN juga membawa empat unit mobil dan bus laboratorium untuk mendeteksi apabila karyawan Transmedia mengalami gejala COVID sebelum divaksin dengan cara tes COVID-19, seperti antigen dan PCR.

"Selain melaksanakan vaksin juga melaksanakan mendeteksi apabila ada keluhan-keluhan, kita laksanakan swab antigen dulu. Apabila swab antigen hasilnya positif kita melaksanakan swab PCR, yang mana setelah itu kita menggunakan mobil lab kita," tutur Brigjen TNI Budi Santoso, koordinator satgas COVID-19 dan mobile laboratorium BIN.

Budi mengungkapkan bahwa mobil laboratorium tersebut sudah biosafety level 2 dan tersertifikasi di Singapura. Bahkan, bisa mengelolah 74 sampel selama 8 jam saja.

"Yang mana mobil laboratorium kita dimiliki oleh Badan Intelijen Negara, yaitu sudah biosafety level 2, yang mana sudah tersertifikasi di Singapura," lanjutnya.

"Mobil lab yang kita bawa itu dapat mengolah sampel kurang lebih 74 sampel selama 8 jam. Jadi satu mobil 74 tes sampel selama 8 jam," sambungnya lagi.

Selain itu, mobil bus tersebut juga bisa langsung memberikan hasil tes COVID-19 seseorang, sehingga tak perlu dibawa ke lab yang ada di kota.

"Kemudahannya yang pertama, bila ada sampel PCR langsung kita olah. Jadi, bisa langsung memberikan jawaban, tidak perlu kita bawa ke kota untuk kita laksanakan ke lab," kata Budi.

"Kiita sudah melaksanakan kegiatan ini di seluruh 34 provinsi yang mana pulau Jawa semuanya sudah dilaksanakan, yang paling jauh ya Aceh, Kalimantan Utara kita laksanakan, jadi mobil lab kita sudah kemana-mana," pungkasnya lagi.



Simak Video "Jokowi: Stok Vaksin Covid-19 Pemerintah untuk Booster Lebih dari Cukup"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)