ADVERTISEMENT

Minggu, 03 Apr 2022 13:01 WIB

Terpopuler Sepekan

Sakit Hati Will Smith Imbas Jokes Nir-empati Chris Rock Soal Penyakit Istrinya

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Will Smith, right, hits presenter Chris Rock on stage while presenting the award for best documentary feature at the Oscars on Sunday, March 27, 2022, at the Dolby Theatre in Los Angeles. (AP Photo/Chris Pizzello) Will Smith tampar Chris Rock (Foto: Chris Pizzello/Invision/AP/Chris Pizzello)
Jakarta -

Momen mengejutkan terjadi di Oscar 2022. Artis Will Smith menampar komika Chris Rock setelah melemparkan lelucon soal penyakit alopecia yang diidap istri Will Smith, Jada Pinkett Smith.

Saat itu, Chris Rock membuat lelucon soal penampilan Jada Smith yang memilih tampil dengan kepala plontos. Sebab, penyakit alopecia yang diidapnya membuat rambutnya rontok.

"Jangan sebut nama istriku lagi," kata Will Smith dengan teriakan dan emosi.

Soal Reaksi Will Smith ke Chris Rock

Reaksi Will Smith yang mengamuk di atas panggung Oscar 2022 menimbulkan pro dan kontra. Tetapi kebanyakan dari mereka, khususnya psikolog menilai reaksinya tidak tepat.

"Tentu pilihan reaksinya (Will Smith) untuk menampar menjadi tidak tepat dilakukan di konteks situasi kondisi tersebut, dimana itu adalah acara publik dan ditonton seluruh orang di seluruh dunia," ungkap Veronica pada detikcom, Senin (28/3/2022).

Namun menurut Veronica, rasa tersinggung yang dirasakan Will Smith merupakan hal yang wajar karena lelucon yang dilontarkan Chris Rock termasuk sensitif dan sentimental.

Ia juga menilai bahwa apa yang dilakukan oleh Will merupakan suatu hal yang spontan.

"Apakah etis yang dilakukan Chris Rock dengan menjadikan kondisi Jada sebagai bahan gurauan? Jawaban saya itu tidak etis, karena tampak tidak empathetic, tidak mempertimbangkan bahwa hal tersebut adalah issue yang sentimental untuk Jada, dan Will Smith, dan keluarga," lanjut Vero.

Memilih 'Resign' dari Academy

Usai kejadian menghebohkan di panggung Oscar 2022 tersebut, Will Smith mengumumkan pengunduran dirinya dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences Hollywood pada Jumat (1/4/2022) kemarin. Ia mengaku perbuatannya salah dan tak termaafkan, bahkan ia menyebut insiden tersebut sebagai sesuatu yang menyakitkan.

"Saya mengkhianati kepercayaan dari Akademi. Saya merampas nominasi dan pemenang lain dari kesempatan mereka untuk merayakan dan dirayakan untuk pekerjaan luar biasa mereka. Saya patah hati," kata Smith dalam sebuah pernyataan.

"Jadi, saya mengundurkan diri dari keanggotaan di Academy of Motion Picture Arts and Science dan akan menerima konsekuensi lebih lanjut yang dianggap pantas oleh Dewan," katanya.

(any/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT