Kapan Vaksin COVID Diberikan untuk Anak 6 Tahun ke Bawah? Ini Kata Bio Farma

ADVERTISEMENT

Kapan Vaksin COVID Diberikan untuk Anak 6 Tahun ke Bawah? Ini Kata Bio Farma

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kamis, 07 Apr 2022 15:35 WIB
vaksin anak
Vaksin COVID-19 anak. (Foto: Getty Images/iStockphoto/TAO EDGE)
Jakarta -

Wakil Ketua Komisi IX DPR Charles Honoris menyinggung soal vaksin COVID-19 untuk anak di bawah usia 6 tahun. Ia mempertanyakan alasan PT Bio Farma yang belum mengajukan emergency use authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 untuk usia tersebut.

Menurut Charles, sudah saatnya PT Bio Farma mengajukan EUA vaksin COVID-19 untuk anak usia di bawah 6 tahun ini. Sebab, kebutuhan untuk vaksin ini pasti ada.

"Bapak (Direktur Utama PT Bio Farma), kenapa nggak pernah ajukan (EUA) vaksin untuk anak usia di bawah enam tahun, karena kebutuhannya pasti ada," kata Charles rapat Komisi IX DPR, Rabu (6/4/3033).

Menanggapi itu, Direktur Utama (Dirut) PT Bio Farma (Persero) Honesti Basyir mengatakan terkait vaksin COVID-19 untuk anak di bawah 6 tahun ini masih dalam proses mengumpulkan data. Data-data ini yang nantinya akan diberikan untuk mengajukan EUA.

"Terkait vaksin anak yang di bawah 6 tahun, kita masih berproses mengumpulkan data. Sebagian data sudah kita kumpulkan, tapi memang belum mencukupi," jawab Honesti.

Honesti menjelaskan sebelumnya masih berfokus pada vaksin COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun. Sebab, saat itu vaksin untuk usia tersebut dibutuhkan agar kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah bisa dilakukan dengan normal.

Ia berharap sekitar bulan Juni 2022 mendatang semua data yang diperlukan sudah terkumpul dan bisa diproses untuk mendapatkan EUA dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

"Mudah-mudahan sekitar bulan Juni ini kita sudah bisa mengumpulkan semua data dan berproses dengan Badan POM untuk mendapatkan EUA untuk vaksin anak di bawah 6 tahun," bebernya.



Simak Video "Booster Kedua untuk Lansia Direstui, Bagaimana dengan Masyarakat Umum?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT