Sabtu, 09 Apr 2022 12:20 WIB

Tips Berhenti Merokok di Bulan Puasa, Bisa Dilanjutin Sampai Seterusnya

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi Rokok Foto: (iStock)
Jakarta -

Momen berpuasa di bulan Ramadan bisa jadi kesempatan untuk menghentikan kebiasaan merokok. Ini karena para perokok yang berpuasa bisa membuktikan tahan tidak merokok selama berjam-jam.

dr Erlang Samoedro, SpP, FISR, dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) memberikan tips bagi mereka yang ingin berhenti merokok tepat pada bulan puasa. Enggak banyak, tapi dua hal yang paling penting untuk diingat.

Pertama adalah menguatkan tekad dan iman ketika memutuskan untuk berhenti. Ini akan sangat dibutuhkan untuk mengalahkan godaan untuk kembali merokok.

"Satu, rokok itu tidak baik untuk kesehatan. Tidak baik untuk kesehatan berarti tidak baik untuk diri sendiri, di agama juga dilarang untuk menyakiti diri sendiri. Artinya berhentilah merokok," kata dr Erlang beberapa waktu lalu.

Hal yang kedua adalah mencari aktivitas atau kesibukan yang bisa mengalihkan perhatian bila kemudian muncul dorongan untuk merokok. dr Erlang menyarankan kegiatan seperti misalnya olahraga.

"Ganti aktivitas rokok dengan aktivitas lain contohnya seperti olahraga. Kalau rokok itu kan yang dihasilkan nikotinnya, nikotinnya kemudian merangsang dopamin di otak naik. Nah olahraga bisa jadi subtitusi rokoknya," pungkas dr Erlang.



Simak Video "Anjuran Porsi Sahur yang Ideal Menurut Dokter Gizi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)