Sabtu, 09 Apr 2022 16:18 WIB

Terpopuler Sepekan

Penjelasan Medis di Balik Fenomena 'Mistis' Gelas di Perut Pria Jember

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Perut pria di jember ada gelas Heboh gelas kaca di dalam perut pria asal Jember. (Foto: Yakub Mulyono)
Jakarta -

Viral sebuah gelas kaca yang ditemukan di dalam perut seorang pria bernama Nurlasiadi (35) asal Jember, Jawa Timur. Berdasarkan foto yang beredar, gelas kaca berukuran sekitar 8 sentimeter dengan diameter 3 sentimeter itu bersarang di dalam rektum.

Dari kasus tersebut, tak sedikit orang yang menyangkut pautkannya dengan hal-hal yang berbau mistis. Berikut penjelasannya.

Awal Mula

Awalnya, Nurlasiadi mengeluh sakit di bagian dada dan perut sekitar 3 bulan lalu. Namun, rasa sakit yang muncul semakin parah dan membuatnya tidak bisa beraktivitas seperti biasanya dan tidak bisa memeriksakan kondisinya ke rumah sakit.

"Saya sakit kurang lebih 3 bulan. Merasakan nyeri dan meriang (akibat sakit pada bagian perut). Untuk berobat saya periksa bawa ke mantri awalnya," kata Nurlasiadi saat ditemui di rumahnya oleh tim DetikJatim, Rabu pagi (6/4/2022).

Namun, 3 bulan kemudian Nurlasiadi dibawa ke RSD Balung oleh relawan kemanusiaan, Etni, untuk memeriksakan kondisinya. Setelah di rontgen, ditemukan gelas kaca tersebut.

Penjelasan Dokter

Berdasarkan keterangan rumah sakit, ada dugaan bahwa gelas itu dimasukkan lewat anus. Namun, tidak ada pengakuan lebih lanjut dari pasien tersebut.

"Secara logika kedokteran ya begitu. Tapi, tidak ada pengakuan dari pasien," kata dr Doddy Radi Sakti, Kepala Humas RSD Balung, seperti dikutip dari detikjatim.

Dihubungi secara terpisah, dokter spesialis dalam, dr Aru Ariadno, SpPD, KGEH, dari RS Brawijaya Depok, juga mengungkapkan dugaan yang serupa. Ia meyakini gelas itu dimasukkan oleh pasien melalui anus dan bukan terkait hal-hal mistis.

"Bisa saja gelasnya dimasukkan lewat anus," ucapnya saat dihubungi oleh detikcom, Kamis (7/4/2022).

"Semua selalu bisa dijelaskan secara ilmiah," lanjutnya.

Pasien Tidak Dioperasi

Setelah dilakukan penanganan, gelas kaca yang bersarang di dalam perut Nurlasiadi berhasil dikeluarkan. Tim dokter membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk mengeluarkannya tanpa melakukan operasi.

dr Doddy mengatakan tidak melakukan operasi besar di perut. Tetapi, tim dokter harus merobek bagian anus atau dubur Nurlasiadi. Sebab, posisi gelas memang lebih dekat dengan anus, tepatnya di bagian rektum atau dekat usus besar.

"Jadi tidak dilakukan operasi pembedahan besar di perut," terang Kepala Humas RSD Balung dr Doddy Radi Sakti, seperti dilansir detikJatim, Kamis (7/4/2022).

"Bukan perut tengah. Anusnya dirobek (sedikit)," tambah Doddy.



Simak Video "Indonesia Didominasi Varian Omicron, Termasuk BA.4-BA.5"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)