Senin, 11 Apr 2022 19:31 WIB

5 Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi pada Wanita, Jangan Diabaikan!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Ilustrasi level kolesterol. Akibat kolesterol tinggi pada wanita (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Tubuh memang sangat memerlukan kolesterol untuk membangun sel-sel sehat. Akan tetapi, hati-hati dengan kadarnya yang terlalu tinggi. Sebab, ada sejumlah penyakit akibat kolesterol tinggi pada wanita yang bisa bermunculan.

Sebagai informasi, kolesterol merupakan molekul lipid yang dapat ditemukan di dalam darah, entah itu kolesterol jahat maupun baik. Umumnya kolesterol berguna untuk mencerna makanan, memproduksi hormon, dan menghasilkan vitamin D.

Dikutip dari Shape, Senin (11/4/2022), terdapat dua jenis kolesterol, yaitu low-density lipopprotein (LDL) atau kolesterol jahat dan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Jumlah LDL atau kolesterol jahat yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung. Oleh karena itu, penting menjaga pola hidup dan kualitas makanan untuk mencegah kolesterol tinggi.

Selain penyakit jantung, apalagi penyakit lain yang perlu diwaspadai akibat kolesterol tinggi pada wanita? Simak informasi berikut.

Penyakit Akibat Kolesterol Tinggi Pada Wanita

Pada dasarnya, penyakit akibat kolesterol tinggi bisa dialami oleh siapa saja, baik wanita maupun pria. Begitu juga dengan rentang usia muda hingga dewasa. Dikutip dari Clevelandclinic, Senin (11/4/2022), berikut penyakit akibat kolesterol tinggi pada wanita.

1. Penyakit Jantung Koroner

Penyakit akibat kolesterol tinggi pada wanita yang pertama adalah penyakit jantung koroner (PJK). Kadar kolesterol darah selalu berhubungan dengan peluang terkena penyakit jantung. Apabila seseorang mengalami kolesterol terlalu tinggi, lemak dapat menumpuk di dinding arteri atau disebut aterosklerosis.

Kondisi ini menyebabkan arteri menyempit sehingga menghambat aliran darah ke jantung. Karena itu, seseorang sangat berisiko tinggi mengidap angina (nyeri dada) dan serangan jantung.

2. Stroke

Penyakit akibat kolesterol tinggi pada wanita berikutnya adalah stroke. Kondisi ini terjadi ketika pembuluh darah membawa oksigen dan nutrisi ke otak tersumbat atau pecah. Selain itu, stroke juga dapat terjadi apabila suplai darah ke otak berkurang.

Ketika stroke terjadi, bagian otak tidak bisa mendapatkan darah dan oksigen yang dibutuhkan sehingga mengganggu fungsi otak.

3. Penyakit Arteri Perifer (PAP)

Penyakit akibat kolesterol tinggi pada wanita juga bisa dikaitkan dengan penyakit arteri perifer atau disebut PAP. Kondisi ini terjadi akibat timbunan lemak yang menumpuk di sepanjang dinding arteri dan mempengaruhi sirkulasi darah, terutama arteri yang mengarah ke kaki.

4. Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang masih berhubungan dengan kolesterol tinggi, bahkan dapat mempengaruhi kadar kolesterol yang berbeda.

Apabila kontrol gula darah dalam keadaan baik, pengidap diabetes cenderung mengalami peningkatan trigliserida, penurunan HDL, dan peningkatan LDL. Hal inilah yang menyebabkan peningkatan potensi terjadinya aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah).

5. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Hipertensi merupakan salah satu penyakit akibat kolesterol tinggi pada wanita. Ketika arteri mengeras dan menyempit akibat plak kolesterol dan kalsium, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah. Akibatnya, tekanan darah menjadi tinggi dan tidak normal.



Simak Video "Cara Agar Bisa Lebih Bahagia Menurut Sains"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)