Kamis, 14 Apr 2022 07:35 WIB

Mohon Perhatian, COVID-19 di 5 Provinsi Ini Sedang Dipantau Kemenkes

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Pemerintah menyebut Indonesia akan menghadapi gelombang varian Omicron baru. Peningkatan kasus Omicron disebut lebih cepat berkembang ketimbang COVID-19 varian Delta. Omicron di Indonesia. (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Ada sejumlah provinsi yang menjadi perhatian Kementerian Kesehatan RI. Seluruhnya berada di Jawa Bali, termasuk DKI Jakarta.

Sedikitnya lima provinsi yang diawasi Kemenkes RI melaporkan peningkatan kasus konfirmasi positif COVID-19 pada tes PCR atau positivity rate PCR. Peningkatan ini disebut juru bicara vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi menjadi pertanda munculnya risiko penularan Corona meluas.

"Artinya kalau kita melihat peningkatan angka positif ini akan meningkatkan risiko laju penularan yang lebih tinggi, jadi risiko yang menjadi tertular atau terjadinya peningkatan (kasus) di 5 provinsi ini," bebernya dalam konferensi pers Selasa (12/4/2022).

Meski meningkat, kenaikannya tidak setinggi seperti sebelumnya. Berikut laporan 5 provinsi yang kembali melaporkan peningkatan positivity rate PCR.

  • DKI Jakarta berada di angka 0,1 persen
  • Jawa Tengah di bawah 0,1% persen
  • Bangka Belitung di bawah 0,1 persen
  • Kalimantan Utara di bawah 0,1 persen.
  • Bali yang berada di bawah 0,1 persen.

"Tetapi kalau kita melihat angka-angka ini kita harus waspada bahwa setidaknya ada 5 provinsi yang terjadi angka peningkatan positif COVID nya," kata dr Nadia.



Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)