ADVERTISEMENT

Kamis, 14 Apr 2022 13:00 WIB

BPOM: Belum Ada Laporan Kinder Joy Terkontaminasi Salmonella

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
kinder joy BPOM menyetop peredaran Kinder Joy terkait laporan cemaran Salmonella. (Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth)
Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI ikut menanggapi laporan seratusan anak yang terinfeksi Salmonella dari produk Kinder tertentu di sejumlah negara. Ini membuat BPOM menyetop peredaran camilan cokelat Kinder Joy di pasaran.

Selain itu, BPOM juga menarik produk Kinder Joy dan melakukan uji sampling untuk melihat kemungkinan cemaran dari Salmonella.

Kepala BPOM Penny K Lukito juga menegaskan belum ada laporan terkait Salmonella pada Kinder Joy sampai saat ini.

"Belum ada (laporan dari masyarakat). Mudah-mudahan tidak ada," ungkapnya dalam konferensi pers Pangan Aman Goes to Campus, Kamis (14/3/2022).

Penny menjelaskan produk Kinder yang ditarik di sejumlah negara berbeda dengan yang beredar di Indonesia. Saat ini, fasilitas produk di Belgia tengah diteliti untuk menemukan penyebab dari kontaminasi tersebut.

Penny mengungkapkan kemungkinan kontaminasi ini berasal dari bahan baku atau proses produksi yang tidak higienis. Ini yang membuat produk berisiko terkontaminasi Salmonella.

"Itulah kenapa kami juga mengambil langkah untuk berhenti (peredaran) dulu, kita uji dulu. Baru nanti ada informasi lebih lanjut," pungkasnya.



Simak Video "BPOM Wanti-wanti Jangan Makan Kinder Joy Dulu"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT