Kamis, 14 Apr 2022 18:02 WIB

Dokter Sarankan Pengidap Diabetes Tak Makan Ini untuk Sahur dan Buka Puasa

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Diabetes Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Pada bulan puasa, pengidap diabetes masih diperbolehkan berpuasa asalkan mengikuti syarat dan anjuran dari dokter yang bersangkutan. Selain minum obat-obatan, pemilihan makanan juga perlu diperhatikan oleh pengidap diabetes untuk menjaga gula darah tetap terkontrol.

Prof Dr dr Pradana Soewondo, SpPD-KEMD, Guru Besar dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), menjelaskan pada dasarnya makanan pengidap diabetes dan nondiabetes itu sama. Namun, makanan yang manis-manis, berminyak, hingga berlemak wajib dihindari oleh pengidap diabetes pada waktu berbuka puasa dan sahur.

"Sebetulnya prinsipnya pasien diabetes makanannya dengan pasien nondiabetes itu sama. Kecualinya makan manis-manisnya dihindari. Jadi, makan yang sehari-hari biasa kita makan di luar bulan puasa itu kan ada tiga porsi dan dua snack. Kemudian pada bulan puasa kita bagi menjadi dua makan porsi besar dan juga ada snack malam," katanya dalam webinar virtual daring, Kamis (14/4/2022).

Selain itu, pengidap diabetes dianjurkan makan berserat, sayur, dan buah untuk menjaga kadar gula darah di dalam tubuh, serta diiringi dengan minum obat yang teratur.

"Pada prinsipnya sih makanan seperti biasa. Yang kita hindari ya terlalu banyak makanan yang berlemak atau berminyak, kemudian yang terlalu manis-manis. Karena kan seperti bulan puasa itu kebanyakan makan itu manis-manis," kata dr Pradana.

"Kemudian diiringi dengan minum obat yang teratur, Nggak ada yang spesifik kecuali memang dianjurkan makan yang berserat. Jadi, hindari makanan manis, dianjurkan makan berserat, sayur, dan buah," tuturnya.



Simak Video "Cara Buka Puasa yang Baik Agar Perut Tak Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/fds)