Kamis, 21 Apr 2022 22:26 WIB

5 Tips Atur Waktu Tidur Agar Bisa Bangun Sahur Tepat Waktu

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Young woman sleeping in bed. Space for copy. Foto: iStock
Jakarta -

Di Indonesia, waktu makan sahur biasanya dilakukan pada pukul 03.00 sampai 04.00 pagi, tergantung zona waktu dan wilayah di mana kita tinggal. Melihat agenda makan sahur yang dilakukan saat pagi buta, bangun pagi kerap menjadi hal yang berat bagi sebagian orang.

Terlebih pada orang yang tidak terbiasa bangun pagi. Tak jarang, ada orang yang susah untuk bangun sahur hingga melewatkan makan sahur. Padahal, makan sahur itu penting dan tidak dianjurkan untuk dilewatkan karena sahur adalah waktu yang tepat untuk kita mengisi energi untuk berpuasa di bulan Ramadan.

Jika merasakan kesulitan saat bangun sahur. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan agar kita tidak lagi kesiangan dan melewatkan waktu makan sahur yang dikutip dari Healthline.

Tips agar tidak telat bangun sahur

1. Atur jadwal tidur

Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya adalah salah satu hal yang wajib dilakukan selama bulan Ramadan. Tak hanya bangun sahur tepat waktu, cara ini juga akan membuat mendapatkan waktu tidur yang baik.

Setelah salat tarawih, sebaiknya kurangi aktivitas dan cobalah untuk tidur lebih awal. Seperti yang kita tahu, memiliki waktu tidur yang cukup menjelang sahur dapat membuat tubuh lebih segar dan tidak kesulitan untuk bangun sahur.

2. Makan secukupnya

Saat kita puasa, maka kita akan tergoda untuk menyantap banyak makanan saat buka puasa nanti. Padahal, saat berbuka disarankan untuk makan dalam porsi cukup dan tidak membuat kekenyangan.

Makanan tetap dianggap tidak sehat ketika mengkonsumsinya secara berlebihan alias kekenyangan. Makan berlebihan justru akan membuat lesu dan menguras energi lebih banyak.

Selama berbuka puasa, ada baiknya turut mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan energi. Misalnya saja buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan yang tinggi asam lemak omega-3. Jadi, sebaiknya tidak terlalu kekenyangan biar lebih mudah bangun saat sahur.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Anjuran Porsi Sahur yang Ideal Menurut Dokter Gizi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)