ADVERTISEMENT

Senin, 02 Mei 2022 05:29 WIB

Round Up

Kemenkes RI Laporkan 3 Anak Meninggal, Diduga Hepatitis 'Misterius'

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dr Siti Nadia Tarmizi Jubir Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Dugaan masih 'misterius'

Organisasi Kesehatan Dunia WHO menetapkan kasus hepatitis akut dengan penyebab yang belum terungkap ditetapkan sebagai KLB (Kejadian Luar Biasa). Pertama kali dilaporkan di Inggris Raya pada 5 April 2022 sebagai Hepatitis Akut yang Tidak Diketahui Etiologinya (Acute Hepatitis of Unknown aetiology), sebanyak 10 kasus pada anak usia 11 bulan hingga 5 tahun antara Januari-Maret 2022.

Sejak saat itu, tercatat sebanyak 170 kasus di 12 negara, dengan kisaran usia pasien 1 bulan hingga 16 tahun. Sebanyak 17 kasus atau 10 persen membutuhkan transplantasi atau cangkok hati.

Gejala klinis yang teridentifikasi antara lain:

  • Peningkatan enzim hati
  • Sindrom jaundice (penyakit kuning) akut
  • Gejala gastrointestinal seperti nyeri perut (abdomen), diare, muntah-muntah
  • Sebagian besar tidak disertai demam.

Hingga saat ini, penyebab hepatitis akut tersebut belum diketahui. Pemeriksaan laboratorium telah dilakukan dan tidak ditemukan virus hepatisis A, B, C, D, maupun E. Pada 74 kasus, tes molekuler mengidentifikasi adanya infeksi adenovirus, SARS-CoV-2 pada 20 kasus, koinfeksi adenovirus dan SARS-CoV-2 pada 19 kasus.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Simak! Imbauan IDAI soal Munculnya Hepatitis Akut Misterius"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT