Kamis, 05 Mei 2022 09:28 WIB

Konsultasi Kesehatan

Anak Demam Berhari-hari karena Tumbuh Gigi, Bagaimana Solusinya Dok?

Firdaus Anwar - detikHealth
Mum measuring his temperature by electronic thermometer. Foto: iStock
Jakarta -

Pertanyaan:

Selamat siang Dokter, ijin bertanya.

Anak saya usia 9 bulan sedang tumbuh dua gigi di bagian bawah depan. Dia mengalami demam sampai 39,4 derajat celsius. Sempat dimasukkan obat suppositoria karena demam tinggi tak kunjung turun. Saat ini sudah 4 hari demamnya sudah terbilang normal, tapi masih pilek, lidahnya putih, kemudian bau nafas, mata seperti bengkak, susah makan, susah minum, dan tidur gelisah lebih suka posisinya nungging.

Mohon arahannya berbahayakah kondisi anak saya? Kenapa lama sekali ngga sembuh-sembuh, sudah 5 hari sakit.

Iwe Gunawan

Jawaban

Selamat siang pak Iwe Gunawan. Tumbuh gigi umumnya tidak menyebabkan demam tinggi. Dari gejalanya kemungkinan besar anak bapak mengalami infeksi virus atau bakteri.

Jika infeksi virus umumnya dalam 5 hari demam akan turun. Sebaiknya segera diperiksakan ke dokter spesialis anak terdekat.

Tanda bahaya jika terjadi dehidrasi yaitu lebih dari 6 jam bayi tidak buang air kecil, segera dibawa ke IGD RS terdekat.

dr Ayi Dilla, SpA
Spesialis Anak Primaya Hospita Bekasi Barat

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Dear Bunda, Begini Cara Tepat Menangani Anak saat Demam"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)