ADVERTISEMENT

Sabtu, 07 Mei 2022 17:00 WIB

Waduh! 2 Golongan Darah Ini Disebut Paling Susah Turun Berat Badan

Rosiana Muliandari - detikHealth
Ilustrasi timbangan berat badan Golongan darah yang disebut paling sulit menurunkan berat badan. Foto: Getty Images/bymuratdeniz
Jakarta -

Beberapa cara seseorang dapat menurunkan berat badannya adalah dengan melakukan diet yang sehat dan disertai olahraga yang teratur. Meski begitu, tentunya, perjalanan penurunan berat badan bukanlah suatu hal yang mudah.

Tiap orang pun juga merasakan tingkat kesulitan penurunan berat badan yang berbeda. Ternyata, golongan darah seseorang dapat menyebabkan kesulitan tersebut.

Menurut Konsultan Ahli Gizi, dr Seema Khanna, orang-orang dengan golongan darah AB+ dan AB- paling kesulitan untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan mereka merasa kesulitan untuk mengubah kebiasaan makan mereka.

Kebalikannya, orang-orang dengan golongan darah O+ dan B+ dapat lebih mudah mengubah kebiasaan makan mereka.

dr Seema menambahkan bahwa golongan darah B+ memiliki Basal Metabolic Rate (BMR) yang lebih tinggi, membuat mereka tidak sering naik berat badan terlalu banyak.

Bagi golongan darah A, seperti dikutip dari Times of India, dr Seema berkata, "Untuk mereka, kenaikan dan penurunan berat badan bergantung pada genetika mereka,"

Demi membantu orang-orang dengan golongan darah AB serta golongan darah lainnya, dr Peter J D'Adamo, seorang naturopati, membuat rangkaian diet yang dijuluki sebagai "diet golongan darah".

Golongan Darah AB

Peter menyarankan orang-orang dengan golongan darah AB untuk mengonsumsi susu, domba, tahu, ikan, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Untuk menurunkan berat badan, disarankan untuk memakan lebih banyak tahu, seafood, sayuran hijau, dan rumput laut (kelp).

Selain itu, ayam, jagung, kacang merah, dan buckwheat harus dihindari.

Golongan Darah O

Untuk golongan darah ini, disarankan untuk mengonsumi makanan dengan protein tinggi, banyak sayuran, dan ikan. Namun, hindari makanan dengan kandungan susu, jagung, dan gandum.

Untuk menurunkan berat badan, diet orang-orang dengan golongan darah O disarankan untuk ada seafood, daging merah, brokoli, bayam, dan minyak zaitun.

Golongan Darah A

Diet untuk menurunkan berat badan bagi golongan darah ini mencakup nanas, minyak zaitun, seafood, sayur-sayuran, dan kedelai. Makanan dengan kandungan susu, jagung, kacang merah, daging, dan gandum sebaiknya dihindari.

Selain itu, orang-orang dengan golongan darah ini disarankan juga untuk mengonsumsi buah-buahan, tahu, kalkun, dan biji-bijian utuh.

Golongan Darah B

Bagi orang-orang dengan golongan darah ini, sangat disarankan untuk memilih diet beragam yang meliputi daging, buah-buahan, seafood, kandungan susu, dan biji-bijian.

Untuk menurunkan berat badan, disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau, hati, telur, dan menghindari jagung, ayam, gandum, dan kacang.



Simak Video "Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Menjalani Intermittent Fasting"
[Gambas:Video 20detik]
(Rosiana Muliandari/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT