ADVERTISEMENT

Minggu, 08 Mei 2022 04:58 WIB

Round Up

Dokter: Mayoritas Pasien Hepatitis Akut Misterius Belum Vaksin COVID-19

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen telah digelar di Jakarta sejak Senin (3/1/2021). PTM pun masih berjalan meski Jakarta kini menerapkan PPKM level 2. IDAI belum merekomendasikan penundaan PTM terkait kasus hepatitis misterius (Foto: Pradita Utama)

IDAI menilai, potensi meluasnya kasus hepatitis akut misterius perlu diwaspadai. Karenanya, sejumlah protokol pencegahan dan penanganan telah disiapkan untuk para dokter anak dan sarana pemeriksaan laboratorium.

Terkait wacana penundaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), sejauh ini belum ada rekomendasi dari IDAI. Namun tidak menutup kemungkinan, langkah tersebut dapat diambil jika memang ada perkembangan ke arah tersebut.

"Sampai saat ini belum ada keputusan IDAI untuk menerapkan (penundaan) PTM, tidak tahu dalam perkembangan lebih lanjut karena kita masih investigasi apakah benar-benar sudah masuk Indonesia atau kasus-kasus sporadis. Kita belum memutuskan itu," kata dr Muzal.

"(Kasus hepatitis misterius meningkat) bisa saja, berpotensi untuk meningkat kasusnya. Ini masih dalam perkembangan terus-menerus. Kita bisa saja kebijakan berubah seiring waktu. Misal PTM kemungkinan tapi itu melihat situasi ke depan sesuai perkembangan," pungkasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Gejala yang Dialami 18 Pasien di Kasus Dugaan Hepatitis Misterius"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT