Minggu, 08 Mei 2022 05:27 WIB

Round Up

4 Saran Dokter Anak untuk Cegah Hepatitis Misterius di Perjalanan Mudik

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Pemudik dengan sepeda motor melintas di kawasan Simpang Jomin menuju arah Jakarta di Karawang, Jawa Barat, Kamis (5/5/2022). Kementerian Perhubungan memperkirakan puncak arus balik Lebaran 2022 akan terjadi pada 6-8 Mei 2022. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/nym. Tips mencegah hepatitis misterius di perjalanan mudik (Ilustrasi: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

3. Memasak makanan dan minuman

Infeksi hepatitis melalui jalur fecal-oral kerap terjadi pada makanan yang tidak dimasak dengan baik. Dalam perjalanan mudik, risikonya meningkat karena ada kemungkinan jajan sembarangan selama perjalanan.

"Air minum sebaiknya memang dimasak untuk anak, itu kalau memungkinan. Jadi kalau memungkinkan, dalam perjalanan air minum sudah dimasak walaupun air dingin, sudah dimasak," pesan dr Muzal.

4. Terapkan prokes

Dalam perjalanan mudik maupun arus balik, protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 masih harus diterapkan dengan ketat karena ancaman varian Omicron masih membayangi. Protokol yang sama juga bisa mencegah risiko penularan hepatitis misterius, yang diduga juga menular melalui droplet.

"Kedua kita lanjutkan yang sudah kita lakukan, protokol untuk COVID-19 ini seperti pakai masker, jaga jarak, untuk mengurangi risiko selain COVID-19 sendiri juga untuk mengurangi risiko penularan (hepatitis) melalui droplet meskipun ini masih dugaan," saran dr Muzal.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Belum Ada Titik Terang Penyebab Hepatitis Akut Misterius Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)