ADVERTISEMENT

Minggu, 08 Mei 2022 10:20 WIB

3 Kasus Hepatitis Akut RI Masuk Kriteria 'Pending Klasifikasi', Ini Artinya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
The word Hepatitis is written on wooden blocks next to tablets on a blue background. Medical concept Ilustrasi hepatitis akut (Foto: Getty Images/iStockphoto/ALENA DZIHILEVICH)

Di luar ketiga kategori tersebut, WHO juga memberikan catatan bagi pasien dengan gejala dan keluhan sesuai hepatitis tetapi hasil pemeriksaan serologi di laboratorium belum semuanya didapatkan. Pasien dengan kondisi tersebut masuk kategori 'pending klasifikasi' atau 'pending classification'.

"Jadi, kalau tiga kasus hepatitis akut berat kita yang meninggal dunia itu belum dilaporkan ada tidaknya hasil laboratorium virus hepatitisnya dari A sampai E, jadi sementara ini mungkin dapat dikelompokkan sebagai 'pending classification'," terang Prof Tjandra Yoga Aditama, pakar penyakit menular yang juga mantan Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kemenkes.

"Begitu juga kalau ada laporan-laporan hepatitis akut berat pada anak di daerah lain di Indonesia," jelasnya.

Status 3 pasien sebelum meninggal

Ketiga pasien meninggal dunia diduga hepatitis akut bergejala berat tersebut masing-masing berusia 2 tahun, 8 tahun, dan 11 tahun. Pasien berusia 2 tahun sudah mendapat vaksinasi hepatitis, usia 8 tahun mendapat vaksinasi COVID-19 dosis pertama dan vaksinasi hepatitis lengkap, sedangkan pasien usia 11 tahun mendapat vaksinasi COVID-19 dan hepatitis lengkap.

Dari ketiga pasien, tidak ditemukan riwayat hepatitis pada anggota keluarga yang lain. Penelusuran kontak juga tidak menunjukkan adanya gejala yang sama yakni mual muntah dan diare hebat.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Cegah Penularan Hepatitis Akut Lewat PHBS-Perhatikan Konsumsi Makanan"
[Gambas:Video 20detik]

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT