Minggu, 08 Mei 2022 12:17 WIB

Harus Kembali Kerja Setelah Liburan? Catat Saran Psikolog Agar Tidak Stres

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
An exhausted customer service rep snoozing on her computer with her hand still clutched to her coffee. Post holiday blues (Foto: iStock)
Jakarta -

Kembali bekerja setelah libur panjang terkadang membuat seseorang merasa tidak bersemangat menjalani rutinitas hariannya. Euforia semasa liburan yang masih tertinggal membuat seseorang merasa berat menjalani rutinitas pekerjaannya kembali.

Psikolog klinis Nuzulia Rahma Tristinarum dari Pro Help Center menyatakan hal ini bisa disebut sebagai 'post-holiday blues'. Ia berpendapat hal ini terjadi disebabkan adanya gap antara kehidupan nyata dan kehidupan yang ideal saat liburan.

"Gap antara kehidupan nyata dan kehidupan selama liburan. Merasa kehidupan selama liburan sangat ideal. Hanya bersenang senang, sehingga saat kembali ke kehidupan nyata menjadi tidak bersemangat dan tidak bahagia," terangnya dihubungi detikcom, Jumat (6/5/2022).

Menurutnya, cara menghindari perasaan cemas dan stres setelah liburan adalah dengan memberikan jeda waktu untuk diri beristirahat. Hal ini dilakukan untuk beradaptasi secara fisik dan psikis dalam melakukan rutinitas seperti biasa.

"Beri jeda waktu antara kedatangan kembali ke rumah dan hari masuk kerja atau masuk sekolah sehingga tidak mengalami jet lag liburan. Dengan jeda waktu, kita bisa istirahat dan melakukan rutinitas seperti biasa. Dengan jeda waktu, kita bisa beradaptasi secara fisik dan psikis," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Antisipasi Pemerintah Cegah Penumpukan Pemudik di Pos Vaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]
dMentor
×
Gimmick Marketing
Gimmick Marketing Selengkapnya