Minggu, 08 Mei 2022 15:14 WIB

Saran Psikolog Agar Liburan Tak Malah Bikin Stres

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Relaxing near sea at sunset Foto: Getty Images/da-kuk

Fokuskan mindset pada makna dan hal-hal baik

Fokus dalam menggali makna dalam setiap kejadian. Memasang mindset pada hal-hal baik dan terus mengulanginya hingga kita percaya.


"Memfokuskan pikiran kita dengan makna atau hal-hal baik. Oke, aku memang sedih tapi ada loh hal baik walaupun tipis, nah ini harus di repeat (ulang-ulang). Karena kan ada peribahasa 'we believe what we repeat', jadi kita akan mempercayai apa yang kita ulang-ulang," ujarnya.

"Jadi coba bantu kepercayaan yang sehat juga pada diri kita," sambungnya.

Mengenali batas diri

Penting untuk tau batas diri agar mampu berekspektasi sesuai kemampuan diri. Hal ini juga berkaitan dengan batas kemampuan seseorang dalam bertemu orang lain selama liburan.


"Kalo memang batas bertemu orang lain rendah, oke, berarti saya perlu planning untuk keluar sejenak untuk aku dan diriku. Penting banget tau kadar diri kita, kita levelnya di mana nih. Sehingga itu, tadi, ekspektasi yang kita buat lebih efektif, lebih tepat sasaran," imbuhnya.

Belajar Mindfulness

Terakhir, Hanifah berpesan agar selalu terkoneksi dengan diri kita sendiri. Menjaga pikiran kita dari skenario negatif yang mungkin terjadi.

"Terkoneksi dengan diri kita sendiri, diri kita yang sekarang. Jadi ketika pikiran kita loncat dengan skenario-skenario negatif yang mungkin akan terjadi nanti, tarik lagi, buat jangkar dengan mindfulness. Tubuh saya aman kan? saya aman kan? saya oke kan? oke. Latih mindfulnessnya kita jadi pelampung ibaratnya, seperti yang saya analogikan," pungkasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Mengenal Post-Holiday Blues yang Bikin Kamu Mager Kerja Usai Liburan"
[Gambas:Video 20detik]

(mfn/up)
dMentor
×
Gimmick Marketing
Gimmick Marketing Selengkapnya